Bersiap Simulasi New Normal, Pokdarwis Pantai Selatan Temui Lurah

mz 04 Juli 2020 00:17:07 WIB

Perwakilan Pokdarwis diterima oleh Lurah Tepus di Ruangan Lurah 

TEPUS (SIDA SAMEKTA) – Setelah sehari sebelumnya (Kamis, 2/7/2020) Pokdarwis kawasan pantai selatan yang berada di wilayah Kalurahan Tepus dari Sundak timur hingga Poktunggal bertemu dengan Dinas Pariwisata di RM Pawon Ndeso, pada hari Jum’at siang (3/7/2020) perwakilan kelompok menghadap Lurah Tepus untuk menyampaikan beberapa hal hasil pertemuan tersebut.

Dengan didampingi Carik Tepus dan Bp Suparno (anggota BPK/BPD), Bp Lurah menerima perwakilan Pokdarwis di Ruangan Lurah.  Beliau menyambut baik kehadiran perwakilan kelompok untuk menerima informasi dan selanjutnya membahas kemungkinan langkah yang bisa diambil bersama.

Dalam kesempatan pertama perwakilan pokdarwis diminta untuk menyampaikan hasil pertemuan dengan Dinas Pariwisata. Mas Doel yang merupakan salah satu koordinator Pokdarwis menyampaikan poin penting dari pertemuan tersebut adalah adanya dhawuh agar kawasan pantai sektor timur khususnya di wilayah Tepus bersiap melaksanakan simulasi new normal destinasi wisata.

“Adanya uji coba new normal di Baron dan Kukup membuat pihak Dinas Pariwisata meminta pelaku wisata khususnya di wilayah Tepus sebagai pintu masuk sektor timur bersiap melaksanakan simulasi.  Langkah ini diambil untuk melihat kesiapan pelaku wisata bila nantinya wilayah ini benar-benar dibuka dengan tatanan baru.  Sangat perlu kiranya kami sebagai Pokdarwis berkoordinasi dengan Pemerintah Kalurahan agar pelaksanaan simulasi new normal bisa berjalan dengan baik.”ujar Mas Doel

Sementara itu perwakilan yang lain, Bp Sumarno menyampaikan bahwa pada intinya Pokdarwis berharap peran serta Pemerintah Kalurahan dalam hal alokasi dana mendukung rencana simulasi ini.

“Dalam persyaratan simulasi ini tidak seluruhnya dapat dipenuhi oleh pelaku wisata secara mandiri, kami berharap ada dukungan dari kalurahan dalam hal syarat yang bersifat umum seperti penyediaan alat cuci tangan di tempat-tempat tertentu, banner bahan sosialisasi dan mungkin kegiatan penyemprotan kawasan pantai secara rutin.” demikian ditandaskan Bp Sumarno.

Menanggapi hal yang disampaikan oleh perwakilan tersebut, Bp Lurah menyatakan sangat mendukung rencana simulasai new normal di kawasan pantai selatan.  Menyinggung soal anggaran, beliau meminta Bp Carik untuk menjelaskan kemungkinan alokasi dana yang bisa digunakan.

Dalam penjelasan soal alokasi dana, Bp Carik menyampaikan bahwa dalam APBDes Perubahan terdapat belanja Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak Desa Sub Bidang Penanggulangan Bencana.  Karena COVID-19 sudah ditetapkan menjadi bencana nasional maka alokasi anggaran bidang ini bisa digunakan. Untuk itu Pokdarwis agar secepatnya mengidentifikasi kebutuhan dan disampaikan kepada Pemerintah Kalurahan sebagai bahan perhitungan anggaran yang bisa dialokasikan.

Di akhir pertemuan Bp Lurah berharap simulasi new normal ini bisa berjalan dan berhasil dengan baik.  Semua anggota harus mendapat penjelasan, sehingga diharapkan nantinya tatanan baru wisata pantai bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233