Uji Coba Berhasil Air PDAM Akhirnya Mengalir

mz 11 Juli 2020 07:56:56 WIB

Seorang warga Padukuhan Tepus III (Hadi Sumarto) sedang membuka kran air PDAM

Tepus (SIDA SAMEKTA) – Uji coba yang dilakukan oleh PDAM untuk mengalirkan air di wilayah Padukuhan Tepus I, Tepus II dan Tepus III membuahkan hasil yang diharapkan.  Air dapat mengalir melalui kran yang dipasang sebagai tempat uji coba.  Salah satunya yang berada di dekat rumah Hadi Sumarto, Tepus III.  Dengan disaksikan warga lainnya, ia diberi kesempatan untuk membuka kran dan mengalirkan airnya, Jum’at (10/07/2020).  Tokoh masyarakat yang merupakan Kaum Adat dan juga Ketua RW 10 ini lalu membasuh kedua tangannya diiringi ucapan syukur warga yang menyaksikan.

Peristiwa ini mungkin hal yang biasa bagi wilayah lain, namun tidak demikian bagi sebagian besar warga Kalurahan Tepus.  Jaringan air PDAM merupakan harapan warga sejak lama.  Selain itu upaya Lurah Tepus (Bp Supardi, SP) yang terus menjalin komunikasi secara intensif dengan PDAM juga melalui Komisi C akhirnya membuahkan hasil.  Hal ini tentu menjadi poin tersendiri bagi capaian program di periode kepemimpinannya. Dengan tersambungnya pipa PDAM di Tepus I, Tepus II dan Tepus III maka bertambah lagi wilayah yang terjangkau jaringan air bersih di Kalurahan Tepus setelah sebelumnya terdapat di sebagian wilayah Dloko dan Blekonang.

Berhasilnya uji coba ini bukan berarti pekerjaan telah selesai, justru sebuah pekerjaan besar telah menanti.  Sebab PDAM dan Pemerintah Kalurahan Tepus harus segera merencanakan lanjutan pekerjaan untuk menyambung pipa-pipa lainnya hingga meliputi tujuh padukuhan seperti telah diberitakan sebelumnya.

Sementara itu, padukuhan-padukuhan seperti Tegalweru, Trosari I, Trosari II, Gembuk, Pudak dan Pakel terus dicari jalan keluar agar dapat juga teraliri air.  Alternatif pengangkatan air dari Cluwakan dengan tenaga surya saat ini masih dikaji oleh sebuah lembaga bernama ENERBI (Energi BERsih Indonesia). Sedangkan di Padukuhan Pakel masih menunggu langkah PDAM untuk membuktikan kemungkinan pengangkatan sumber air yang beberapa waktu lalu ditemukan di sebuah lahan tanah desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233