Singkong pun Bisa Jadi Kulit Lumpia

mz 17 Juli 2020 08:11:27 WIB

Ibu-ibu di Padukuhan Pacungan sedang praktik membuat lumpia didampingi PPL BPP Tepus, Kamis (16/07/2020)

Tepus (SIDA SAMEKTA) – Kulit lumpia ternyata tidak hanya terbuat dari tepung terigu tapi bisa dibuat dari bahan baku singkong.

Hal tersebut telah dipraktikkan oleh ibu-ibu di Padukuhan Pacungan anggota Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki.  Anggota yang berjumlah sekitar 10 berkumpul di rumah Dukuh Pacungan (Martiningsih, S.Pd) menerima bimbingan pelatihan yang dilaksanakan oleh Petugas Penyuluh Lapangan BPP Kapanewon Tepus (Usmandoyo), Kamis (16/07/2020).

Pembuatan kulit lumpia ini tidak begitu sulit, Bu Dukuh yang juga ikut sebagai peserta menjelaskan bahwa proses pembuatannya tidak begitu jauh dengan proses pembuatan kulit lumpia dengan bahan baku tepung terigu. “ Singkong basah dikupas bersih, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu ditumbuk halus seperti ketika kita membuat gethuk, kemudian dicampur dengan telur.  Perbandingannya 1 kg singkong dicampur dengan 1 butir telur, “ jelasnya.

Ketika ditanya tentang perbedaan hasil kulit lumpia singkong dengan kulit lumpia terigu, Martiningsih mengatakan bahwa hasilnya lebih empuk sampai jangka waktu yang relative lebih lama.  Selain itu dari nilai gizi tentu lebih bergizi singkong dibanding tepung terigu, juga proses yang dilakukan lebih alami.

Kreasi pembuatan kulit lumpia singkong ini tentu saja makin menambah inovasi baru dibidang makanan olahan berbahan baku lokal di kalurahan Tepus.  Selama ini, singkong lebih dulu dikenal dengan kreasi olahan menjadi kerupuk singkong, lanting dan pathilo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233