Pembekalan Bagi Pengurus Gapoktan Kalurahan Tepus Yang Baru

mz 02 Oktober 2020 17:06:50 WIB

Narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan materi tentang administrasi Kelompok Tani

Tepus (SIDA SAMEKTA) – Pengurus Gabungan Kelompok Tani harus memahami berbagai hal terkait dengan pengelolaan organisasi, sebab Gapoktan merupakan induk dari kelompok tani yang ada di suatu wilayah kalurahan.

Hal tersebut menjadi tujuan dari kegiatan pembekalan bagi pengurus Gapoktan Kalurahan Tepus yang berlangsung di Aula Balai Kalurahan Tepus, Kamis (01/10/2020).  Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Tepus menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa dalam APBDes/APBKal tahun anggaran 2020.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Supardi Kamseno, SE.,STP.,MM, Catur Prihati, SP.,M.URP, Nur Hafni, SP.,M.Ec.,Dev dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul serta Ir. Kukuh Iman Santosa dan Usmandoyo, A.Md dari BPP Kapanewon Tepus.

Dalam pelatihan penguatan pengurus Gapoktan ini, para peserta yang terdiri dari pengurus baru dan dukuh mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan manajemen kelompok tani dan administrasi pembukuan.

“Gapoktan merupakan induk kelompok tani yang ada di Kalurahan Tepus, untuk itu sebagai langkah awal pengurus harus mempunyai pemetaan dan identifikasi masalah dan kebutuhan anggotanya.  Ini harus menjadi dasar penguatan fungsi Gapoktan ke depan.” demikian disampaikan Supardi Kamseno dalam paparannya. “ Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan atau evaluasi menjadi dasar manajemen pengelolaan sebuah organisasi. “ tambahnya.

Sementara narasumber yang lain Catur Prihati, menyampaikan tentang administrasi yang harus dimiliki kelompok tani.  Karena semua yang ada di tingkat kalurahan merupakan organisasi berdasarkan pemberdayaan maka pembukuan yang dimiliki dapat berbentuk sederhana yang paling penting dapat menggambarkan gerak organisasi itu sendiri.

Pada sessi terakhir acara ini dibuat rencana kerja tindak lanjut yang difasilitasi oleh Usmandoyo selaku PPL Kapanewon Tepus.  Penyempurnaan penyusunan RDKK pupuk merupakan langkah pertama yang akan dilakukan oleh Gapoktan Kalurahan Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233