Survey Oleh DPU dan PDAM, Jaringan Air Bersih Akan Menjangkau Setiap RT di Tujuh Padukuhan

mz 04 Maret 2021 08:24:24 WIB

Tim dari DPU dan PDAM saat melaksanakan pengukuran jaringan pipa air bersih di Padukuhan Klumpit

Tepus (SIDA SAMEKTA) - Tindak lanjut pipanisasi jaringan air bersih di wilayah Tepus I, Tepus II, Tepus III, Jeruk, Singkil, Ngasem dan Klumpit terus dilakukan. Setelah sebelumnya dilaksanakan dengan mekanisme pengadaan barang yang diserahkan kepada masyarakat melalui Dana Desa, kini terdapat program baru dari APBD Pagu Indikatif Sektoral (PIS) hasil usulan Musrenbang Kecamatan/Kapanewon.

Pada hari Selasa (02/03/2021) tim dari DPU Kabupaten Gunungkidul dan PDAM Tirta Handayani melakukan survey lokasi untuk mendapatkan gambaran langsung pipanisasi yang akan segera dilaksanakan dalam beberapa bulan ini. Kegiatan ini didampingi oleh Carik Tepus dan tokoh masyarakat setempat.

Pagu anggaran sebesar 400 juta ini nantinya akan berwujud jaringan pipa air bersih dan SR di masing-masing RT tujuh padukuhan tersebut. Pelaksana kegiatan ini langsung dari DPU Kabupaten Gunungkidul dengan menggandeng PDAM sebagai pelaksana teknisnya. Sementara pemerintah Kalurahan hanya menerima hasil pekerjaan disesuaikan dengan konsep rencana yang telah disusun. Rencananya, dengan jaringan pipa ini kran SR bisa tersedia di setiap wilayah RT sehingga bisa dimanfaatkan secara bersama-sama. Hal ini sebagai langkah awal dengan mempertimbangkan debit air yang mengaliri pipa tersebut khususnya di musim kemarau. Sehingga pemasangan SR di tiap rumah belum dimungkinkan saat ini.

Bagi masyarakat Kalurahan Tepus program ini mempunyai konsep strategis mengingat nantinya akan ada jaringan air bersih yang terintegrasi dengan Tanjungsari. Sehingga ketika program tersebut benar-benar terlaksana maka sarana prasarananya telah tersedia, dengan harapan persoalan kesulitan air bersih masyarakat Tepus yang telah berlangsung bertahun-tahun dapat teratasi. (yn)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233