Penyusunan Rencana Aksi Desa Pokja Adaptasi Perubahan Iklim Inklusif

mz 07 April 2021 21:33:37 WIB

Tepus (SIDA SAMEKTA)-Yayasan Bintari melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Desa Pokja Adaptasi Perubahan Iklim Inklusif di Kalurahan Tepus. Pokja API Inklusif yang dibentuk oleh Yayasan Bintari berusaha memetakan resiko kebencanaan yang mungkin terjadi di Kalurahan Tepus. Hasil pemetaan pada FGD sebelumnya terdapat tiga jenis bencana yang pernah atau mungkin terjadi yakni angin kencang, banjir dan ombak tinggi. Sementara akibat yang timbul dari perubahan iklim adalah kekurangan air bersih dan kekeringan lahan pertanian.

Bertempat di Hotel Grand Rohan Gedongkuning Jogjakarta, Selasa (06/04/2021) dalam FGD ke-2 ini Bintari mengundang Pemerintah Kalurahan Tepus dan OPD yang ada di Kabupaten Gunungkidul di antaranya BPBD, Bapeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas PU serta Pemerintah Kapanewon.

Pemerintah Kalurahan Tepus yang diwakili oleh Carik Suyono menyampaikan pemaparan mengenai program yang telah dilakukan dan akan dilakukan lalu dipadukan dengan rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh Pokja API.

Sementara OPD yang hadir diminta menyampaikan program yang ada serta dimungkinkan untuk disinkronkan dengan program yang ada di Kalurahan. Dari kedua pihak inilah diharapkan rencana aksi yang disusun bisa diketahui asumsi sumber pendanaannya. (yn)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233