Berbagi Ilmu Tentang Ketela, Kalurahan Tepus Kedatangan Tamu dari Temanggung

F.A 15 Juni 2022 15:55:43 WIB

Lurah Tepus menerima kenang-kenangan dari Kepala Desa Klepu, Pringsurat, Temanggung

Tepus (SIDA SAMEKTA) – Di wilayah Kalurahan Tepus yakni Padukuhan Pakel telah cukup dikenal sebagai pusat olahan makanan lokal berbahan baku ketela.  Dari pohon yang dahulu sebagai bahan nasi tiwul, kini dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan yang nikmat sebagai camilan.  Pengaruh media sosial yang menjadi media informasi dan pemasaran menjadikan makanan dari ketela ini dengan mudah ditemui di jagat maya.  Dari sinilah, Pemerintah Desa Klepu Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Jawa Tengah akhirnya menyempatkan diri berkunjung ke Kalurahan Tepus (Rabu, 15/06/2022).

Kunjungan Pemerintah Desa Klepu ini membawa rombongan berjumlah sekitar 100 orang yang terdiri dari Unsur Pemerintah Kecamatan, Perangkat Desa, Kelompok Tani, Lembaga Desa dan Unsur lainnya.  Dalam kesempatan ini, Pemerintah Desa Klepu meminta kepada Pemerintah Kalurahan Tepus untuk berbagi ilmu budidaya ketela yang sudah bisa dikembangkan menjadi berbagai variasi makanan.

“Kami ingin mendapatkan informasi langsung dari sumbernya dan berharap bisa kami terapkan di Desa Klepu sebagai tambahan wawasan budidaya ketela.” Demikian inti sambutan Kepala Desa Klepu.

Penyuluh Pertanian Sulardi, mendaulat anggota dua orang sebagai narasumber pada kegiatan kunjungan ini yaitu Tugiran (Pak Dalang) dan Waryanti.  Sebagai anggota Gapoktan, Pak Dalang menyampaikan panjang lebar tentang teknik budidaya ketela di lahan kering seperti Kalurahan Tepus.  Dimulai dari pemilihan bibit, pemupukan, pemeliharaan hingga panen.  Sementara Waryanti dari Kelompok Wanita Tani Padukuhan Pakel, menyampaikan berbagai hal yang berhubungan dengan inovasi dan variasi makanan yang bisa dibuat dari ketela.  Contoh produk olahan ketela ini juga disajikan di depan para peserta.

Di akhir acara, Kepala Desa Klepu dan Lurah Tepus berbagi souvenir sebagai tanda persahabatan kedua desa.  Dalam kesempatan ini, Lurah Tepus menyerahkan contoh kain batik Pinilih yang merupakan produk dari Padukuhan Gembuk.

Setelah acara di Balai Kalurahan selesai, rombongan Pemerintah Kalurahan Klepu melanjutkan perjalanan ke Pantai Indrayanti sebelum kembali Temanggung, Jawa Tengah. (mz)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233