Tentang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI

mz 18 Juni 2022 20:36:45 WIB

Tepus (SIDA SAMEKTA) - Desa Wisata Tepus yang bernama Dewi Kampuss atau Desa Wisata Kampung Madani Tepus mendapatkan anugerah 50 besar Desa Wisata terbaik se Indonesia dalam gelaran ADWI 2022. Apakah sebenarnya ADWI tersebut? Berikut redaksi sampaikan ulasan singkatnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merupakan program dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Kehadiran ADWI ini diharapkan akan memberikan semangat dan harmonisasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah dan masyarakat desa, serta penggiat pariwisata.

Kilas Balik Kesuksesan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Penasaran dengan kesuksesan pelaksanaan ADWI 2021? Diluncurkan pada 30 April 2021 oleh Menparekraf, Sandiaga Uno, ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia Bangkit”. Terdapat 7 kategori penilaian, yaitu: Penerapan CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet. List Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memuat 1.831 desa wisata yang terdaftar, dan di antaranya masuk 300 besar, 100 besar, dan 50 besar dari seluruh Indonesia. Ada juga 7 desa yang meraih titel Desa Wisata Mandiri Inspiratif.

Kutipan Menparekraf tentang Peluncuran ADWI 2022

Pada kesempatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberi prakata untuk peluncuran ADWI 2022, begini kata beliau, “Semangat Kebangkitan Pariwisata Indonesia menyebarkan kreatifitas unggulan yang dimiliki desa wisata, tahun ini, Kemenparekraf mempersembahkan Anugerah Desa Wisata (ADWI 2022) dengan tema "Indonesia Bangkit”. Setelah peluncuran ADWI 2022 pada tanggal 18 Februari 2022, beliau juga menambahkan bahwasannya tema ADWI tahun ini sejalan dengan semangat yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger".

Katagori Penilaian

Kategori penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 ini akan memasukkan 7 aspek, yaitu: 1. Daya Tarik Pengunjung, keunikan & keotentikan produk wisata apa yang dimiliki desa, 2. Homestay, 3. Digital dan Kreatif, konten digital dan kreatif apa yang dibuat, 4. Suvenir, produk UMKM lokal apa yang dikembangkan, 5. Toilet Umum, bagian dari sarana dan prasarana demi kenyamanan wisatawan, 6. Penerapan fasilitas CHSE, dan 7. Kelembagaan Desa, terbentuknya legalitas berbadan hukum dan pengelolaan yang berkelanjutan.

Desa Wisata yang masuk 50 besar selanjutnya akan dikunjungi oleh Tim Yuri dan Mas Menteri Sandiaga Uno untuk dilakukan verifikasi lapangan. Dari hasil visitasi dan penilaian lapangan akan dipilih peringkat dari masing-masing katagori. (mz)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233