Untuk Peningkatan Kualitas Layanan, Posyandu Kembali Terima Tambahan Peralatan

mz 22 Juni 2022 07:42:07 WIB

Penyerahan secara simbolis peralatan kepada Pengurus Posyandu Balita dan Posyandu Remaja

desatepus.gunungkidulkab.go.id - Pencegahan stunting merupakan program yang digalakkan oleh Pemerintah. Kegiatan posyandu yang notabene bertujuan melaksanakan deteksi dini pada kualitas kesehatan balita menjadi sangat penting. Kelengkapan peralatan pendukung kegiatan Posyandu menjadi perhatian Pemerintah Kalurahan Tepus.

Bertempat di Balai Kalurahan (Selasa, 21/06/2022) kader Posyandu Kalurahan Tepus diundang hadir dalam rangka peningkatan kapasitas yang dikemas dalam kegiatan bimtek. Kegiatan diawali dengan penyerahan alat-alat Posyandu yang sudah diprogramkan dalam APBKal Tahun 2022, yakni Kit SDIDTK, Microtoice, Infanto Meter, Pengukur lingkar kepala, tensi meter dan timbangan injak digital. Peralatan disampaikan secara simbolis oleh Carik dan Kamituwa. Lurah Tepus Hendro Pratopo, S.IP tidak dapat menghadiri acara ini karena bersamaan dengan rapat Lurah di Wonosari.

"Perlengkapan Posyandu ini merupakan inventaris yang diberikan oleh Pemerintah Kalurahan. Agar dijaga kondisinya dan dipergunakan untuk kegiatan rutin Posyandu di tiap padukuhan. Ini adalah wujud komitmen kita bersama untuk deteksi dini kondisi balita kita, agar terhindar dari kemungkinan stunting." Demikian disampaikan oleh Carik Tepus ketika memberikan sambutannya.

Bundarini, S.Tr.Kep dari Puskesmas Tepus II yang hadir sebagai narasumber menjelaskan tentang stunting serta tatacara penggunaan alat yang saat ini diterima. Jenis alat yang diminta sesuai dengan hasil konsultasi dengan Puskesmas Tepus II. Dalam kesempatan ini, Bundarini juga menyampaikan mengenai pembentukan Posyandu Remaja yang telah dibentuk di Tegalweru, Dongsari dan Pacungan. Posyandu Remaja merupakan kegiatan posyandu yang diikuti oleh remaja usia 10 - 18 tahun, dengan orientasi deteksi kemungkinan adanya gangguan kesehatan pada remaja. Pengurusnya juga merupakan remaja di padukuhan setempat. Peralatannya bisa menggunakan alat yang ada, ditambah dengan tensi meter yang bersamaan diberikan saat ini. Posyandu Remaja direncanakan ada di setiap padukuhan, atau bisa juga merupakan cluster dari beberapa Padukuhan. Semoga dengan tambahan peralatan ini, layanan posyandu di Kalurahan Tepus makin berkualitas. (yn)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233