Memperingati Hari Hipertensi Se-Dunia, Puskesmas Tepus II Menyelenggarakan Deteksi Dini Resiko PTM

Si J 24 Juni 2022 09:39:11 WIB

desatepus.gunungkidulkab.go.id - Dalam rangka memperingati Hari Hepertensi Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Mei, Puskesmas Tepus II menyelenggarakan acara deteksi dini faktor resiko PTM di Aula Balai Kalurahan Tepus. Acara dikemas dengan senam massal diikuti dengan screening kesehatan oleh tim Puskesmas Tepus II.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Puskesmas Tepus II dr. Damayanti, dalam paparannya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular bisa ditanggulangi dengan melakukan deteksi awal.

Serta ditambah penyuluhan deteksi dini kqngker leher rahim dengan IVA dan kangker payudara dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). 

''Untuk penyakit tidak menular cukup 3 ini saja yang dikerjakan dengan deteksi dini seperti cek tekanan darah, gula darah, dan Indeks Massa Tubuh (IMT)/lingkar perut secara rutin kalau anda memiliki faktor risiko seperti merokok, mager, makan sembarangan dan obesitas. Minimal satu bulan sekali. Buat apa? minimal kalo tidak bisa mengurangi jangan menambah,'' terangnya.

Perlu diketahui bahwa 3 dari 10 orang Indonesia yang tahu dirinya menderita PTM, selebihnya tidak mengetahui jika dirinya sakit PTM karena tidak ada gejala dan tanda sampai terjadi komplikasi. Dari 3 orang tersebut hanya ada 1 orang yang berobat secara teratur. Karenanya pencegahan dini merupakan upaya antisipasi agar tidak terjadi komplikasi yang semakin buruk, yang berakibat pada produktivitas dan pendapatan berkurang, sehingga daya saing SDM pun juga akan rendah.

Selain pencegahan dini, dr. Damayanti juga mengajak masyarakat untuk membudayakan gerakan hidup sehat. Pembudayaan GERMAS bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan mudah dilakukan.

''Bagaimana cara mencegah PTM? Simpel saja. Menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), seperti aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, jangan hari Jumat saja, kalau bingung jalan kaki aja minimal 10.000 langkah sehari. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233