Dilaksanakan Selama Dua Hari, Para Carik Dapatkan Penguatan Teknis Pengelolaan Keuangan

mz 29 Juni 2022 06:50:41 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Bertempat di ruang rapat lantai 3 DPMKP2KB Kabupaten Gunungkidul para Carik dapatkan bimbingan teknis penguatan pengelolaan keuangan Kalurahan. Selama dua hari (27-28/06/2022) kegiatan ini dilaksanakan mendatangkan narasumber dari BKAD, Irda dan DPMKP2KB. 

Pada hari pertama disampaikan berbagai hal oleh narasumber yang intinya tentang penguatan fungsi Carik yang notabene merupakan penggerak utama pengelolaan keuangan. Siklus keuangan Kalurahan yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban tidak lepas dari peran Carik untuk memastikan semua berjalan sebagaimana mestinya. Dalam kesempatan ini juga disampaikan tentang program pendampingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu rekomendasi awal yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul adalah pelaksanaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang berbasis online.

Selanjutnya hari kedua pelatihan diisi dengan praktik entry Siskeudes Online. Dengan sistem ini maka nantinya seluruh aktivitas Siskeudes Kalurahan akan terhubung dengan server data yang ada di admin DPMKP2KB. Dengan demikian pengiriman data pelaporan bulanan, Semesteran dan tahunan dapat langsung diakses oleh admin dinas tanpa harus menunggu pengiriman data dari Kalurahan. (yn)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233