Bimtek Sistem Regristrasi Nasional Program Kampung Iklim di DLH Kabupaten Gunungkidul

Si J 30 Januari 2023 10:49:59 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Senin, 30 Januari 2023 di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan bimbingan teknis tentang Proklim kepada 10 Kalurahan binaan sosialisasi proklim dari 144 Kalurahan di Gunungkidul.

Termasuk Kalurahan Tepus, yang dihadiri oleh bidang Kamituwa Kalurahan Tepus, dan tim Pokja Api Inklusif Kalurahan Tepus.

Tujuan dari bimtek pendalaman Sistem Registrasi Nasional (SRN) adalah agar kegiatan Proklim di Kalurahan dapat teregister secara nasional sebagai bentuk pendataan aksi dan sumber daya adaptasi perubahan iklim tingkat Kalurahan.

Sebagai pengetahuan bahwa program kampung iklim dijalankan dengan mengingat isu iklim di dunia ini yang semakin hangat karena efek gas rumah kaca yang menjadikan bumi terselimuti sehingga mengakibatkan iklim berubah-ubah.

Rencana tindak lanjut dari bimtek ini adalah nantinya Kalurahan melakukan registrasi di SRN dengan 6 kriteria diantaranya :

1. Memiliki kelembagaan tingkat Padukuhan / Kalurahan dengan ber-SK Lurah (Pokja Api Inklusif / Gapoktan / Poktan / Karang Taruna / Kelompok TPA)

2. Adanya pengelolaan sampah yang ber-SK Lurah (Bank Sampah, TPS 3R, dan kepengurusan pengelola)

3. Adanya pemanfaatan ruang terbuka hijau, program ketahanan pangan di sekitar halaman Kalurahan (demplot)

4. Adanya konservasi air (PAH / perikanan / telaga)

5. Energi terbarukan seperti pemanfaatan bio gas

6. Sanitasi lingkungan seperti SPAL, posbindu, atau jumantik.

Tiap-tiap Kalurahan yang dihadirkan dalam bimtek, diharapkan dapat menyiapkan segala dokumentasi yg diperlukan berkaitan dengan 6 kriteria tersebut.

Sebagai pemacu kegiatan Proklim, dari DLH tiap tahunnya akan dilakukan evaluasi Proklim dalam bentuk lomba Proklim antar Kalurahan yang nantinya akan ada reward apresiasi.

Di tahun 2023 ini, dari 10 Kalurahan Proklim akan mengikuti evaluasi lomba tingkat Nasional setelah memiliki nomor registrasi. Dengan kriteria evaluasi yang akan diinformasikan dikemudian.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233