Kegiatan Posyandu Lansia di Padukuhan Pacungan Bergeliat Kembali

mz 21 Maret 2023 20:54:47 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup Lansia di masyarakat, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat keseharian warga dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.  Pembentukan posyandu lansia ini dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat, hal ini membuat program dan layanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat dindaerah tersebut.

Pengurus Posyandu di Padukuhan Pacungan melaksanakan kembali program tersebut, setelah beberapa waktu berhenti karena pandemi Covid-19.  Kegiatan berlangsung di Balai Padukuhan Pacungan, Selasa (21/03/2023).  Dengan menggunakan peralatan yang telah disediakan oleh Pemerintah Kalurahan, para Kader Kesehatan di padukuhan tersebut melakukan pengecekan kesehatan bagi para lansia yang hadir. 

Secara umum ada empat jenis pelayanan yang diberikan pada kegiatan posyandu lansia adalah :

  1. Pelayanan kesehatan, seperti : Pemeriksaan fisik (BB,TB,Tekanan darah,,lingkar perut,dll), Pemeriksaan laboratorium sederhana seperti pemeriksaan kadar asam urat,gula darah dan kolesterol, pemeriksaan status gizi,dll
  2. Penyuluhan kesehatan, seperti penyuluhan gizi, penyakit dan lainnya terkait dengan kesehatan dan yang dibutuhkan oleh lansia. 
  3. Kegiatan Olah Raga, ini penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh para lansia. Kegiatan ini bisa perupa jlan santai, senam dan lainnya.
  4. Kegiatan Non Kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan menjadikan posyandu lansia sebagai wadah lansia untuk berkegiatan.

Geliat kegiatan posyandu lansia oleh Kader Kesehatan Padukuhan Pacungan ini mendapatkan sambutan yang sangat baik, terlihat dari banyaknya lansia yang hadir memenuhi Balai Padukuhan Pacungan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233