Visitasi Tim Akreditasi Rintisan Kalurahan Budaya di Tepus

Si J 04 Mei 2023 14:00:35 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kalurahan Tepus mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti Akreditasi Rintisan Kalurahan Budaya Tahun 2023 dari Kundha Kabudayan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

Tim Penilai dari Dinas Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul melakukan visitasi Penilaian Rintisan Kalurahan Budaya di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 04 Mei 2023.

Visitasi dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul ke Kalurahan Tepus ini berdasarkan hasil dari penilaian dari pengiriman Portofolio dan Profil Kalurahan Kantong Budaya yang telah dilaksanakan pada bulan lalu. Dari hasil penilaian tersebut, Kalurahan Tepus Lolos pada 15 besar kalurahan yang lolos pada penilaian tahap I.

Tim Visitasi Penilaian Rintisan Kalurahan Budaya dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan yaitu Bapak Chairul Agus Mantara, S.I.P., MM.

Dalam sambutanya, beliau mengatakan penilaian terhadap Rintisan Kalurahan Budaya Kabupaten Gunungkidul ini menjadi motivasi bagi seluruh kelurahan di Kabupaten Gunungkidul untuk menjaga kelestarian adat, tradisi dan, budaya serta memperkokoh jatidiri bangsa, martabat dan menumbuhkan kebanggaan nasional serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Republik Indonesia khususnya di Kalurahan Tepus.

Dengan adanya lomba ini menjadi motivasi sekaligus apresiasi bagi kalurahan lainnya untuk mengembangkan dan menjaga kelestarian budayanya.

Hadir dalam acara ini Panewu Tepus, bhabinkamtibmas, babinsa dan Bamuskal Tepus.

Berbagai persiapan telah dilakukan Kalurahan Tepus yaitu dengan membentuk Kelompok Pelestari Budaya untuk menyiapkan administrasi, materi dan berbagai perlengkapan yang menunjang aspek penilaian diantaranya aspek adat dan tradisi, aspek kesenian dan permainan rakyat/tradisional, aspek bahasa, sastra dan aksara jawa, aspek kerajinan, kuliner dan pembuatan obat tradisional serta aspek penataan ruang dan bangunan serta warisan budaya. Semua materi disajikan dalam bentuk dokumen, video dan foto-foto pendukung.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233