Lestari Budayaku, Persembahan Kesenian Reog Catur Manunggal Dari Padukuhan Walangan

Si J 25 Mei 2023 14:28:47 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sama seperti halnya di Padukuhan lain, Padukuhan Walangan juga melaksanakan Gelar Event Budaya yang didanai dari BKK Danais bersama Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

Kelompok kesenian yang bernama Seni Reog Catur Manunggal Padukuhan Walangan ini menampilkan tarian reog yang disaksikan oleh berbagai unsur pemangku kepentingan dan dilakukan pengambilan video sebagai bentuk dokumentasi.

Tak kalah menarik dan unik, sebelum pementasan di mulai yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Walangan pada Kamis, 25 Mei 2023 ini, segenap rombongan reog menyempatkan untuk memberikan tarian penghormatan kepada leluhur.

Hal ini terkesan sakral, rombongan reog menari sejenak di lokasi Pepunden Leluhur Mbah Barat Sawah, di dekat Balai Padukuhan Walangan. Dimaksudkan sebagai penghormatan dan sebagai isyarat izin akan di adakan gelar budaya di wilayah tersebut. 

Sebagai suatu kepercayaan adat istiadat, adanya penghormatan kepada leluhur ini masyarakat percaya bahwa acara dan kesenian akan berjalan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan dari segi gaib.

Itulah mengapa ditengah-tengah zaman milenial ini, kebudayaan harus tetap disertakan dan dijunjung tinggi sebagai pengakuan dan pengagungan terhadap hak asal-usul nenek moyang yang kental dengan kebudayaan.

Sekaligus sebagai upaya menumbuhkan rasa partisipatif kepada anak muda dan penerus warisan budaya.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233