Menjelang Rasulan, Warga Masyarakat Dloko Adakan Tradisi Nyadran Di Petilasan Mbah Barat Sawah

Si J 04 Juni 2023 18:59:17 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Nyadran di Petilasan Mbah Barat (Mbah Wiradad) yang terletak di Sawah Dloko, Padukuhan Walangan adalah serangkaian tradisi masyarakat yang dilaksanakan menjelang rasulan atau bersih dusun.

Nyadran ini dilaksanakan di sebuah lahan terbuka yang di tengah nya terdapat petilasan / makam leluhur yang menjadi kepercayaan warga di empat Padukuhan (Walangan, Kanigoro, Dongsari, Pacungan) sebagai perantara memanjatkan doa dan menunaikan nazar.

Dengan juru kunci petilasan ( Warto Warji) dan di bantu oleh juru kunci lainnya (Wasito Wadin), masyarakat yang datang dibantu untuk menunaikan nazar di Petilasan tersebut. Nazar tersebut biasanya berupa ucapan puji syukur atas nikmat sehat, puji syukur karena mengalami kesembuhan dari sakit, puji syukur karena terhindar dari marabahaya, puji syukur atas hasil panen dan lainnya.

Ada beberapa jenis tradisi nyadran didalamnya berupa nyadran angsum dhahar potong ingkung (masyarakat yang datang membawa nasi dan ingkung yang nantinya akan dibagi-bagi) dan nyadran sedekah uang.

Dilanjutkan makan bersama menggunakan Tekor (piring) yang terbuat dari daun jati dan daun pisang dibentuk menjadi contong. 

Selanjutnya masyarakat yang datang berkumpul dan mendapatkan bagian nasi ingkung, kemudian dipimpin oleh Rois (Supardal) untuk melakukan ikrar dan doa bersama. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu Legi malam Senin Pahing, 4 Juni 2023.

Setelah dilakukan doa bersama, masyarakat berkeyakinan dan percaya bahwa apa yang menjadi nazar telah ditunaikan dan berharap doa-doanya dikabulkan oleh Sang Pencipta.

Sebagai pemimpin tingkat Padukuhan (Surismanto / Dukuh) menyampaikan bahwa tradisi ini telah berlangsung setiap tahunnya dari zaman nenek moyang. Beliau mendukung kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya dan penghormatan kepada leluhur.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233