Kalurahan Tangguh Bencana (Kaltana) Tepus Ikuti Sosialisasi IDEAKSI Dari YAKKUM

Si J 06 Juni 2023 14:21:41 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - YAKKUM atau Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang mempunyai prinsip netralitas dan imparsial sehingga tidak memandang ras, agama, atau kelompok yang mengutamakan kemanusiaan untuk penanggulangan bencana yang inklusif.

YAKKUM memiliki salah satu unit kerja yaitu YAKKUM Emergency Unit (YEU) yang menjalankan proyek Community-Led Innovation Partnership (CLIP) atau Kemitraan untuk Inovasi yang Berbasis Kepemimpinan Masyarakat melalui program Ideaksi.

Dalam kesempatan ini, YAKKUM melakukan pertemuan dengan 20 Kalurahan Tangguh Bencana di Kabupaten Gunungkidul untuk menyampaikan sosialisasi program tersebut. Dihadiri oleh dua perwakilan anggota Kaltana (Turis, Riska Melani) dari Kalurahan Tepus, pada Selasa 06 Juni 2023 di Hotel Santika Gunungkidul.

Pada forum sosialisasi disampaikan pula materi dengan narasumber dari Sub Koordinator Pencegahan BPBD Kabupaten Gunungkidul (Agus Wibowo Arifianto, ST, M.Eng.) dengan tema resiko bencana dan siklus penanggulangan bencana di Kabupaten Gunungkidul.

Beliau menyampaikan tujuh potensi bencana di Kabupaten Gunungkidul antaranya banjir, cuaca ekstrim, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, tanah longsor, dan tsunami. 

Potensi bencana tersebut menjadi ancaman bagi masyarakat sehingga tiap-tiap Kalurahan agar mampu melakukan pengurangan resiko bencana.

Pemateri selanjutnya dari fasilitator YAKKUM yang menyampaikan maksud dan tujuan dari sosialisasi. Sosialisasi Ideaksi ini mencari inovator lokal YEU dari tiap-tiap Kalurahan agar mengajukan proposal tentang Ideaksi kesiapsiagaan kelompok masyarakat terhadap bencana.

Nantinya akan diseleksi dengan kuota sebanyak 15 program Ideaksi se Provinsi DIY yang lolos, akan mendapat dukungan dari YAKKUM dengan stimulus dana (salah satunya bekerjasama dengan Pemerintah Inggris). Sehingga nantinya program dapat diteruskan di masing-masing Kalurahan dari masyarakat untuk masyarakat.

Ideaksi sendiri kepanjangan dari ide, inovasi, aksi dan inklusi. Merupakan program inovasi yang mendorong partisipasi masyarakat mulai dari anak-anak, pemuda, perempuan, difabel, dan lansia dengan tujuan bersama membuat solusi yang menjawab permasalahan ancaman bencana yang dirasakan oleh masyarakat setempat.

Adapun contoh program Ideaksi yang bisa dilakukan yaitu kesiapsiagaan kelompok masyarakat, kesiapsiagaan sekolah, kesiapsiagaan pusat layanan kesehatan, pertanian adaptif iklim, advokasi penanggulangan bencana inklusi, dan lainnya.

Rencana tindak lanjut dari sosialisasi ini adalah penyusunan proposal Ideaksi, paling lambat disampaikan di tanggal 19 Juni 2023. Yang nantinya diharapkan dapat lolos seleksi untuk bisa terealisasi.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233