Rasulan Senin Pon Catur Manunggal Dloko

Rismel 26 Juni 2023 22:18:31 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Senin, 26 Juni 2023 di empat Padukuhan blok Dloko (Walangan, Kanigoro, Dongsari, dan Pacungan) menyelenggarakan adat istiadat pelestarian budaya rasulan. 

Diselenggarakan oleh panitia rasul, rangkaian acara dimulai dengan tradisi ruwatan dan kupengan genduri / masang yaitu kumpulan masyarakat yang membawa nasi tumpeng untuk memanjatkan doa.

Salah satu panitia rasul (Budi Untoro / Dukuh) memberikan penjelasan bahwa ciri khas dari rasulan Dloko dengan adanya nasi tumpeng yang diberi tancapan sriti (kelelawar) panggang yang didapatkan dengan cara penangkapan langsung dari goa.

Beliau menuturkan pula bahwa acara ruwatan dilaksanakan pada waktu pagi menjelang siang hari di hari Senin Pon sebelum jam 12 siang dan setelahnya baru boleh diadakan hiburan masyarakat.

Dalam acara ruwatan yang diselenggarakan di Balai Kalurahan Tepus ini, juga diikuti oleh pihak Pamong Kalurahan Tepus dibawah pimpinan Lurah Tepus bersama tokoh masyarakat Dloko untuk memanjatkan doa yang dipimpin oleh Rois.

Setelah adanya rangkaian tradisi, selanjutnya pementasan hiburan masyarakat di siang hingga malam hari. Antusias masyarakat sekitar dalam menyaksikan hiburan terlihat sangat ramai dan terkendali.

Dengan menampilkan hiburan kesenian Jathilan Kudho Prakoso dari Padukuhan Klumpit berlokasi di dekat Balai Padukuhan Pacungan, di malam hari Pagelaran Wayang Kulit Purwa dengan Dalang Ki Areksa Pangaribawa dan bintang tamu Rabies dan Wishky berlokasi di Balai Kalurahan Tepus.

Semangat slogan Nyawijekke Rasa Anggayuh Sedya yang berarti bersatu dan menyatukan rasa untuk meraih kesiapsiagaan dan kekompakan masyarakat blok Dloko dalam menghadapi kehidupan di masa mendatang.

Kegiatan pelestarian budaya atau tradisi rasulan bertujuan untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah diberikan selama setahun.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233