Tradisi Gumbrekan, Tradisi Spesial Untuk Hewan Ternak

Si J 29 Juni 2023 20:01:39 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kamis (29/06/2023), Kalurahan Tepus mempunyai banyak sekali keanekaragaman tradisi dan budaya yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu tradisi "Gumrek"-an. Tradisi gumrekan ini masih di laksanakan oleh masyarakat Kalurahan Tepus dengan menurut penghitungan kalender jawa.

Maksud dari tradisi ini adalah sebagai bentuk doa dan rasa syukur kepada Sang Pencipta oleh para petani. Bahasa jawanya Among-among untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam, dsb dan alat-alat pertanian seperti cangkul, arit, dll.

Tradisi gumrek kali ini jatuh pada hari kamis legi, 29/06/2023. Hampir sebagian besar masyarakat melaksanakan tradisi gumrek pada hari ini. Namun ada pula yang melaksanakannya di hari lain tergantung dari penghitungan hari oleh sesepuh-sesepuh dusun.

Dalam menyambut tradisi ini masyarakat akan membuat makanan khas yaitu ketupat yang dibuat berbagai macam bentuk. Dari masing bentuk ketupat itu pun memiliki makna luhur bentuk doa dan syukur. Secara hitungan biasa, tradisi ini dilakukan kurang lebih delapan bulan sekali.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233