Dengan FKTY Bersama Kita Wujudkan Desa Wisata Berbasis Budaya

Rismel 06 Juli 2023 22:37:01 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Festival Kesenian Tepus Yogyakarta tahun ke empat atau FKTY #4 di Kalurahan Tepus siap dilaksanakan untuk menjadi sarana pesta rakyat dan eksplorasi seni.

FKTY merupakan rangkaian kegiatan pertunjukan seni dan budaya yang digelar oleh lima Padukuhan di Kalurahan Tepus (Tepus I, Tepus II, Tepus III, Jeruk, Klumpit) dalam menyambut dan memeriahkan adat Rasulan atau Bersih Dusun.

Dilaksanakan mulai tanggal 06 - 13 Juli 2023 dengan pusat lokasi berada di Pertigaan Tepus (wilayah Tepus I). Fokus pada pertunjukan seni dan budaya dari potensi yang dimiliki oleh setiap Padukuhan.

Pertunjukan kesenian berupa jenis tarian tradisional, Ketoprak, dan Jathilan dilaksanakan pada malam hari hingga hari terakhir pada 13 Juli dengan penutupan orkes dangdut.

Sebagai pembukaan acara FKTY, pada malam ini Kamis, 06 Juli 2023 dilaksanakan seremonial pembukaan.

Hadir perwakilan dari dinas kebudayaan propinsi DIY. Dengan berpakaian Jawa lengkap, tamu undangan dari unsur Kapanewon Tepus, pihak Keamanan Polsek, Pamong Kalurahan Tepus dan tokoh masyarakat berpartisipasi menghadiri acara pembukaan yang disahkan oleh Lurah Tepus (Hendro Pratopo,S.IP) yang didampingi oleh Panitia FKTY (Nursim) dan Ketua Desa Wisata (Heri Kaur) dengan menabuh Gong sebagai simbolis.

Lurah Tepus memberikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini dan menuturkan bahwa kegiatan ini mampu menjadikan ajang promosi potensi kebudayaan Kalurahan Tepus.

Kepada masyarakat untuk dapat menjadi penikmat tontonan yang tertib dan terkendali.

Dalam acara pembukaan juga ditampilkan persembahan Tari Jaranan dari Sanggar Tari Ellya dan Pertunjukan Seni Ketoprak Pamong Krido Lestari Budoyo. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233