Masyarakat Lima Padukuhan Guyub Laksanakan Adat Rasulan

mz 15 Juli 2023 16:48:48 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Jum'at Legi (14/07/2023) masyarakat di lima padukuhan yakni Tepus I, Tepus II, Tepus III, Jeruk, dan Klumpit melaksanakan adat rasulan.

Rasulan di lima padukuhan ini berpusat di balai desa lama atau yang sekarang berubah menjadi gedung Pusat Posyandu. Acara inti dari rasulan ini adalah masang dan ruwatan deso. Masang adalah berkumpulnya warga dengan membawa ubo rampe berupa nasi dan lauk pauk untuk dido'akan oleh mbah kaum setelah pagelaran wayang ruwat. Bila dicermati adat tradisi rasulan tepus hampir sama dengan padukuhan lain di Kalurahan Tepus yang telah melaksanakan lebih dulu. Intinya sebuah sarana untuk memohon kepada yang Maha Kuasa agar nantinya warga bisa mendapatkan keberkahan dan hasil melimpah pada musim tanam yang akan datang. Sementara wayang ruwatan, merupakan sebuah sanepa bebasnya warga Tepus dari segala mara bahaya.

Rasulan Tepus tahun ini dimeriahkan dengan nanggap wayang kulit pada malam harinya. Bertindak sebagai dalang adalah Ki Dimas yang merupakan salah seorang putera dari dalang kondang (alm) Ki Sutono Hadi Sugito. Dengan selesainya rasulan Tepus ini bisa dikatakan bahwa adat rasul di wilayah Kalurahan Tepus telah selesai. Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa telah terdapat berbagai Padukuhan yang telah melaksanakan adat tradisi warisan para leluhur ini. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233