Kirab Pemilu Menyapa Rakyat, Tanda Pemilu 2024 Semakin Dekat

Rismel 24 Juli 2023 15:58:40 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kirab Pemilu diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Gunungkidul sebagai wakil dari Provinsi DIY yang merupakan program deklarasi nasional dari KPU RI. Dengan cakupan wilayah se-Indonesia, Kirab Pemilu berlangsung secara bergantian dan bergilir yang bertujuan sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan pemilih mengenai Partai Politik yang akan ikut dalam Pemilu.

Sebanyak 18 bendera Partai Politik (Parpol) tiba di Kabupaten Gunungkidul dalam acara Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Terdiri dari bendera Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partia Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (GELORA), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Garda Perubahan Indonesia (GARUDA), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nanggroe Aceh (Partai Lokal Aceh).

Pada Peluncuran Kirab Pemilu 2024 ini, KPU mengusung tema "Pemilu Sebagai Sarana Intergrasi Bangsa". Dengan harapan pemilu dapat menyatukan perbedaan pendapat dan pilihan masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan ini, Provinsi DIY yang berpusat di Kabupaten Gunungkidul menerima sekaligus meneruskan kirab dari Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, untuk bisa di deklarasikan Kirab Pemilu di wilayah strategis Kabupaten Gunungkidul.

Peserta kirab dari Kontingen 18 Kapanewon unsur PPK, Sekretariat PPK, PPS, Sekretariat PPS, group kesenian, serta melibatkan warga masyarakat setempat. 

Dengan berpakaian Jawa lengkap, peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan kirab ini. Salah satunya PPS dan Sekretariat dari Kalurahan Tepus yang tergabung dalam kontingen Kapanewon Tepus dibawah komando PPK Tepus.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 24 Juli 2023.

KPU Gunungkidul juga menyiapkan konsep kirab dengan Pasukan Bregodo, Manggoloyudho, Kuda, Kereta Kencana, dan Maskot Sura Sulu.

Titik kumpul di Lapangan Demang Wonopawiro, Piyaman, Wonosari (dekat Kantor KPU Gunungkidul) kontingen kirab beriringan berjalan dengan diiringi musik drumband (SD N Piyaman I) menuju ke Taman Budaya Gunungkidul (TBG) Siyono Wetan.

Acara Ceremonial Protokoler berpusat di TBG dengan berbagai rangkaian acara yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan.

Terdiri dari KPU Pacitan (Jawa Timur), KPU DIY, KPU Gunungkidul, Bupati Gunungkidul, dan OPD terkait.

Dimana sebagai simbolis terdapat prosesi penyerahan Bendera Partai Politik Peserta Pemilu 2024 dari KPU Pacitan, Jawa Timur kepada KPU Gunungkidul, DIY.

Setelah acara Ceremonial, dilanjutkan dengan tarian Flashmob Jinggle Pemilu yang diikuti oleh seluruh peserta. 

Sebagai penutupan acara, ditampilkan berbagai hiburan rakyat berupa tarian Ojo Golput dan Reog Manggala Mataram Kundha Kabudayan Kabupaten Gunungkidul.

Deklarasi pemilu 2024 :

1. Mewujudkan pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa

2. Melaksanakan pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

3. Mewujudkan pemilu tahun 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa

Sesuai jadwalnya, Kirab Pemilu di Gunungkidul dilaksanakan selama enam hari. Dengan konsep road to Kapanewon, rombongan kirab melakukan deklarasi dan rute pawai di Gunungkidul sesuai lokasi strategis. Tertanggal 24-29 Juli 2023.

Untuk rute pawai di Kabupaten Gunungkidul terdiri dari beberapa titik yaitu :

1. Road to TBG dan Ceremonial Serah Terima Kirab Pemilu 2024, tanggal 24 Juli 2023

Dengan rute pawai : Lapangan Piyaman, TBG Siyono Wetan.

1. Road to Kapanewon Patuk dan Road to Taman Kuliner, tanggal 25 Juli 2023

Dengan rute pawai : Wonosari, Patuk, Gedangsari, Nglipar.

2. Road to Pasar Wonosari dan Road to Kapanewon Semin, tanggal 26 Juli 2023

Dengan rute pawai : Wonosari, Karangmojo, Ponjong, Semin, Ngawen.

3. Road to Kapanewon Purwosari (SMK Purwosari dan Embung Bembem), tanggal 27 Juli 2023

Dengan rute pawai : Playen, Paliyan, Saptosari, Panggang, Purwosari.

5. Road to Kapanewon Tepus - Tanjungsari (Jembatan Rowari, Pantai Indrayanti, Pantai Slili, Pantai Krakal), tanggal 28 Juli 2023

Dengan rute pawai : Tepus, Tanjungsari, Girisubo, Rongkop, Semanu.

6. Closing Ceremony Pawai Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Gunungkidul, Road to Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah, tanggal 29 Juli 2023

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233