Perak Surya Silver Jadi Tuan Rumah Kegiatan Bimtek Ekraf Dari Dinas Pariwisata GK

Rismel 25 Juli 2023 10:15:34 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengadakan Bimtek Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kriya di Desa Wisata Tepus. Tepatnya berlokasi di Showroom UMKM Perak Surya Silver (Supriyadi). Diadakan pada hari Senin-Selasa, 25-26 Juli 2023.

Berjumlah 20 peserta dari desa wisata Se-Gunungkidul, dihari pertama acara dimulai dengan pembukaan secara resmi dan sambutan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata / Kepala Dinas Lingkungan Hidup (A. Hary Sukmono, ST). Beliau menyampaikan maksud dan tujuan bimtek ini merupakan upaya bagaimana menumbuhkan dan memperkuat kreatifitas dan potensi yang ada di desa wisata masing-masing. Sehingga nantinya dapat berkolaborasi antara produk yang dihasilkan dengan pengembangan desa wisata.

Diharapkan masyarakat sebagai pelaku ekonomi kreatif mampu berperan secara aktif dan nyata sehingga dapat merasakan dampaknya secara langsung.

Beliau juga menambahkan, mengapa kegiatan bimtek ini diadakan di Desa Wisata Tepus, karena pada waktu lalu mendapat prestasi pada ADWI kategori souvenir, dan diharapkan mampu eksis dan bisa menjadi contoh bahwa Tepus ternyata mampu menghasilkan kriya yang tembus nasional.

Setelah dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari beberapa narasumber salah satunya dari pelaku Ekraf Surya Silver (Supriyadi). 

Diawali pemaparan materi, selanjutnya peserta mengikuti praktek produk perak dan tembaga dengan dipandu oleh tim dari Surya Silver dan tim Desa Wisata Tepus.

Setelah melaksanakan pelatihan peserta di berikan kenang-kenangan berupa produk asli tepus serta di suguhi jamu yang merupakan salah satu hidangan jika ada tamu ke Desa Wisata Tepus (persembahan welcome drink). 

Rencananya, pada hari kedua akan melanjutkan rangkaian acara bimtek dengan kunjungan ke Kabupaten Kulonprogo, tujuan ekonomi kreatif Murakabi Craf yang beralamat di Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo.

 

Kontributor : Rismel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233