Forum Anak Desa Tepus Gelar Lomba Potensi Anak

Rismel 29 Juli 2023 21:21:23 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Memperingati Hari Anak Nasional tahun 2023 di bulan Juli ini, Forum anak desa Tepus adakan event Lomba Potensi Anak Tepus (Potans).

Yang terselenggara pada Sabtu, 29 Juli 2023 di halaman Balai Kalurahan Tepus.

Sebuah organisasi anak yang berfungsi untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di Kalurahan Tepus khususnya, tergabung dalam Forum Anak Desa Tepus. Juga merupakan wadah partisipasi anak dan penegak hak anak.

Dengan dukungan dari Pemerintah Kalurahan Tepus, forum anak mempersiapkan diri sebelumnya untuk kesiapan event ini dengan melakukan sosialisasi tentang adanya lomba ke seluruh instansi pendidikan (PAUD, TK, SD) dan sanggar di Kalurahan Tepus. Setelah diadakan sosialisasi, calon peserta lomba mendaftarkan diri kepada Panitia Lomba.

Dengan didirikan sebuah panggung pementasan dan dekorasi yang menarik, halaman Balai Kalurahan Tepus terlihat sangat meriah dan menarik minat anak-anak dan masyarakat umum baik yang berpartisipasi mengikuti lomba ataupun masyarakat luas yang menyaksikan.

Selain peserta lomba, dalam kesempatan pembukaan acara dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai pihak. Hadir Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gunungkidul (Kepala Bidang), Panewu Tepus yang diwakili oleh Kepala Jawatan Pemerintahan, Polsek dan Ndanramil, unsur Pendidik se-Kalurahan Tepus tingkat PAUD, TK, SD, Pendidik SLB, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta Lurah beserta Pamong Kalurahan.

Dalam sambutannya, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Sarjiyatmi, S.E.,M.M.) memberikan arahan dan harapan semoga forum anak semakin berkembang dan melatih anak untuk terus meningkatkan kreativitas.

Setelah dibuka secara resmi oleh Lurah Tepus, rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan tarian sambutan dari Sanggar Tari Ellya dan penampilan kesenian Jathilan siswa-siswi SLB.

Selebihnya rangkaian lomba dilaksanakan sesuai dengan aturan main Panitia Lomba.

Dalam hal penilaian lomba untuk menentukan kejuaraan, Panitia Lomba melibatkan dewan juri selaku penentu kemenangan atas karya yang dihasilkan dari peserta lomba.

Lebih dari 100 anak terlibat dalam lomba baik mandiri ataupun secara kelompok. Adapun kategori lomba yang diadakan berupa lomba Menari Tradisional, Geguritan (Puisi Jawa), Nembang Jawa, Mewarnai Wayang, dan Menggambar Batik.

Dengan mengambil tema kejawen dan batik, merupakan gambaran potensi yang ada di Kalurahan Tepus. Dengan demikian diharapkan akan mampu mengenalkan kekayaan Desanya melalui karya-karya sejak dini. 

Mengapa ada kategori menari tradisional dan mewarnai wayang? berdasar Desa Rintisan Budaya bahwa Kalurahan Tepus benar adanya memiliki dan kaya akan kebudayaan adat istiadat dan kesenian lokal yang terus berkembang dan hidup di masyarakat.

Mengapa ada kategori menggambar batik? berdasar Desa Wisata bahwa Kalurahan Tepus benar adanya mampu memoles diri sebagai tujuan wisata berbasis wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukasi UMKM salah satunya Batik Klangenan di Padukuhan Gembuk.

Disitulah anak-anak akan lebih mengenal dan menjaga kelestarian kekayaan yang dimiliki, jelas Lurah Tepus (Hendro Pratopo, S.IP) pada pernyataannya.

Sebagai penyemangat disediakan pula doorprize untuk peserta, sehingga antusias anak-anak semakin membara dan nyata adanya.

Acara yang dilaksanakan di siang hari hingga malam hari ini berhasil menarik perhatian dan menjadi suatu kebanggaan bersama.

Setelah rangkaian lomba selesai, Panitia Lomba mengumumkan hasil kejuaraan.

Penyerahan hadiah dan piala disampaikan langsung oleh Lurah Tepus bersama Pamong Kalurahan kepada peraih juara.

Tidak hanya hari ini, event-event seputar anak rupanya akan terus berkesinambungan di Kalurahan Tepus sebagai bentuk kepedulian dan gali potensi anak untuk meraih prestasi sesuai minat dan bakat.

 

Kontributor : Rismel

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233