Karang Taruna Kalurahan Tepus Mengikuti Pelatihan Pembuatan Ketapel dan Cara Bermain Ketapel

Si J 06 Agustus 2023 12:51:00 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - 06 Agustus 2023 - Tim PPK (Program Penguatan Kapasitas) Ormawa HMPS PGSD dari Universitas Ahmad Dahlan mulai menjalin kerjasama dengan Sedulur Plinteng Gunungkidul (SPG) Sebagai Pemateri atau Naramsuber terkait pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPK) di Kalurahan Tepus. 

Hadir di pelatihan tersebut Karang Taruna Kalurahan Tepus serta perwakilan dari Padukuhan yang ada di Kalurahan Tepus diantara Padukuhan Dongsari, Pacungan, Pudak dan Padukuhan Pakel.

Selanjutnya, Karang Taruna Kalurahan Tepus serta PPK Ormawa HMPS PGSD bersama SPG belajar untuk membuat ketapel secara tradisional. Dengan bimbingan dari anggota SPG yang memiliki keahlian dalam membuat ketapel, proses pembuatan ketapel mulai dari pemilihan bahan hingga proses pembuatan alat ini. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan keterampilan tradisional sekaligus membuka peluang usaha kreatif di bidang kerajinan lokal serta adanya Program Pembentukan Lapangan Representatif dengan bentuk pengembangan berupa Penambahan Fasilitas Alat Olah Raga yang ada di Kalurahan Tepus. 

Dalam Pelatihan ini SPG membimbing Karang Taruna Kalurahan Tepus dalam memahami teknik-teknik dasar menggunakan ketapel dengan aman dan benar. Pelatihan ini juga mencakup nilai-nilai keselamatan dan etika dalam berolahraga dengan ketapel.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali eksistensi ketapel sebagai cabang olahraga yang diminati oleh banyak masyarakat, serta memperkenalkannya kepada generasi muda sebagai warisan budaya yang berharga.

Harapannya dalam pelatihan ini dapat memperkanalkan permainan ketapel menjadi ikonik di Kalurahan Tepus serta menciptakan atlit dari Kalurahan Tepus. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233