Lomba Pengagungan Menyongsong Kemerdekaan Indonesia Ke 78 Versi Kalurahan Tepus

Rismel 09 Agustus 2023 22:10:38 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Lomba pengagungan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Peringatan HUT RI Kapanewon Tepus. Dengan memberikan penilaian sebagai bentuk evaluasi pembangunan kemasyarakatan bagi salah satu Padukuhan yang ditunjuk oleh kepanitian di tingkat Kalurahan Tepus.

Selain itu pengagungan ini merupakan upaya mengagungkan dan memuliakan serta mensyukuri bulan Agustus sebagai peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Lomba pengagungan ini diikuti oleh 5 Kalurahan di Kapanewon Tepus dengan mempersiapkan diri sebagai obyek penilaian.

Padukuhan sample menyajikan pembangunan fisik juga mental spiritual, keseimbangan agama dan budaya, potensi ekonomi kerakyatan hingga administrasi kegiatan yang ada serta guyup rukun dan antusias warga masyarakat.

Dalam mempersiapkan segenap rangkaian acara yang akan disuguhkan oleh Kalurahan Tepus, partisipasi dan antusias tergambar melalui aksi nyata yang ditunjukkan mulai dari Lurah, Pamong Kalurahan, Lembaga Kalurahan, Dukuh dan warga Pacungan sebagai Padukuhan sample.

Kegiatan warga mulai dari rapat warga pembentukan panitia pelaksanaan lomba pengagungan, latihan grup kesenian, kerja bakti kebersihan lingkungan di masing-masing RT, pembuatan dan pemasangan pagar lingkungan, pembuatan dan pemasangan gapura pintu masuk wilayah RT, pemasangan umbul-umbul telah dilaksanakan oleh masyarakat setempat termasuk karang taruna Padukuhan dengan dukungan dari pemerintah Kalurahan Tepus.

Wajah-wajah kemerdekaan telah tergambar melalui karya-karya yang dihasilkan dengan nuansa warna merah bersanding putih layaknya sang saka bendera bangsa Indonesia menghiasi Kalurahan Tepus.

Jadwal penilaian oleh Tim Penilai dari Kapanewon dilaksanakan di Kalurahan Tepus pada hari Rabu, 09 Agustus 2023 berpusat di Padukuhan Pacungan yang merupakan Padukuhan sample kegiatan.

Hal yang berbeda ditunjukkan oleh Kalurahan Tepus dalam menyambut kedatangan Tim Penilai Kapanewon.

Mengangkat tema PERJUANGAN, seluruh lapisan masyarakat yang terlibat di hari itu mengenakan pakaian layaknya seorang pejuang dalam mengusahakan merdekanya Indonesia di tahun 1945.

Sebagai armadanya, Tim Penilai Kapanewon yang terdiri dari Panitia Lomba dan Panewu Tepus beserta Forkompinkap transit di Cingkrang Hills kemudian menaiki jeep adventure yang telah disediakan untuk berkeliling meninjau rute penilaian dengan didampingi oleh Lurah Tepus, Carik, Bamuskal, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan juru bicara.

Disambut meriah di halaman Balai Kalurahan Tepus oleh grup drumband The Pamong Band dengan pemain dari unsur Pamong Kalurahan (Kasi, Kaur, Staff, THL, Dukuh, Lembaga). Menyajikan pertunjukan drumband dengan lantunan irama kemerdekaan lagu 17 Agustus, lagu Maju Tak Gentar, dan lagu Gundul - Gundul Pacul.

Pasukan Bregodo pembawa bendera kemerdekaan juga terlihat berbaris mengikuti barisan drumband yang diperankan oleh karang taruna Padukuhan Pacungan.

Segenap rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju jalan lingkar 5 RT di Padukuhan Pacungan sembari iringan drumband hingga menuju Balai Padukuhan Pacungan.

Tak kalah antusiasnya, warga masyarakat telah menanti disepanjang jalan untuk memberikan penghormatan dan sapa salam lambaian tangan melalui kibaran bendera merah putih.

Partisipasi masyarakat disepanjang jalan diikuti oleh warga Padukuhan Pacungan, Dongsari, Walangan, dan Kanigoro. Selain itu, dari unsur pendidikan juga terlibat siswa-siswi beserta pendidik turut memeriahkan rangkaian lomba pengagungan ini.

Setelah sampai di Balai Padukuhan Pacungan, suasana seketika berubah. Tim Penilai disambut dengan berbagai kelompok kesenian yang mempertunjukkan diri sebagai penghormatan dan aksi pertunjukan guna meriahkan acara.

Kelompok yang terlibat dan disajikan mulai dari kesenian Reog Klasik, Paduan suara PKK Kalurahan dan Padukuhan, kesenian Gejog Lesung oleh ibu-ibu Padukuhan Pacungan, dan tarian tradisional siswa-siswi SD Muhammadiyah Dloko.

Selain berbagai kemeriahan tersebut, dengan hebat dan bangganya Kalurahan Tepus juga mengajak Tim Penilai Kapanewon untuk meninjau lahan demplot Gapoktan yang berada disebelah Balai Padukuhan Pacungan.

Usaha pertanian sebagai bentuk ketahanan pangan yang dijalankan sedang memasuki masa panen, yaitu tanaman bawang merah.

Aksi memanen bawang merah menjadi sorotan yang dilakukan langsung oleh Tim Penilai Kapanewon.

Dilanjutkan rangkaian susunan acara inti, didalamnya terdapat sambutan Panewu Tepus, kesan pesan Tim Penilai, serta diakhiri dengan pernyataan penutupan dan pelepasan Tim Penilai oleh Lurah Tepus.

Atas apa yang telah dipersiapkan dan disuguhkan, semua tidak terlepas dari sebuah kekompakan. Hal positif yang dapat dipetik dari rangkaian penyambutan dan partisipasi lomba pengagungan kali ini adalah BAGAIMANA MENGHARGAI PERJUANGAN. 

Perjuangan tidak selalu terlihat dan berwujud besar. Tetapi bagaimana kekompakan dan keseriusan warga masyarakat itu dalam melaksanakan berbagai kegiatan dari persiapan sampai pelaksanaan yang terjalin guyup serta rukun.

 

Kontributor : Rismel

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233