Dewi Kampus Salah Satu 10 Desa Wisata masuk daftar UNESCO Global Geopark

Si J 15 Agustus 2023 10:20:00 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) UNESCO merupakan organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Sebagian wisata di Gunungkidul Yogyakarta sendiri juga sangat populer dan ternyata berlokasi di desa wisata ( Dewi ) yang dikelola masyarakat setempat. Salah satu wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang masuk daftar UNESCO adalah Desa Wisata Tepus (Dewi Kampuss) . 

Desa Wisata Tepus mengandalkan paket wisata budaya, seperti atraksi budaya jatilan, tari, karawitan, dan reog. Semua atraksi kebudayaan tersebut dikemas dalam Festival Kesenian Tepus Yogyakarta (FKTY) yang digelar tiap tahun.

Wisatawan yang berkunjung akan diajak berkeliling desa naik jeep. Selama tur itu, wisatawan bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti melihat kerajinan perak, membuat batik tulis, belajar karawitan, belajar mengolah singkong, dan lainnya.

Desa Tepus memiliki 12 pantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Enam di antaranya dijuluki ‘pantai perawan’ karena masih sepi dan belum diketahui banyak orang. Desa Wisata Tepus ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233