Ayo Ikuti Imunisasi Rotavirus Bagi Bayi, Dan Ketahui Manfaatnya

Rismel 21 Agustus 2023 22:11:16 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Imunisasi rotavirus adalah salah satu jenis imunisasi tambahan untuk melindungi tubuh dari infeksi rotavirus. Rotavirus ini menginfeksi usus dan menyebabkan diare pada bayi dan anak-anak.

Tujuan utama pemberian vaksin ini adalah melindungi anak dari serangan diare akibat rotavirus. Penyakit tersebut bisa berbahaya karena diare berisiko tinggi menyebabkan dehidrasi. 

Rotavirus merupakan virus yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan penyakit gastroenteritis. Penyakit tersebut ditandai dengan diare dan muntah-muntah parah.

Rotavirus bisa bertahan hingga 10 hari sesudah gejala mereda. Selama sepuluh hari, virus akan dengan mudah menyebar pada anak-anak melalui tangan atau mulut. Jalur penularannya meliputi kontak fisik atau melalui makanan dan minuman yang diolah secara tidak higienis.

Mengatasi hal tersebut, Puskesmas Tepus II menggalakkan program Launching Imunisasi Rotavirus (RV) pada Kamis, 24 Agustus 2023 yang berlokasi di UPT Puskesmas Tepus II.

Dengan sasaran pada bayi kelahiran 16 Mei 2023 - 24 Juni 2023. Pastikan bayi sesuai kelahiran diatas mendapat imunisasi RV 3 dosis secara tepat waktu.

Pihak Puskesmas melalui kerjasama dengan Lurah Tepus yang melibatkan Kader Kesehatan Kalurahan Tepus agar dapat menginformasikan program kesehatan ini kepada ibu dan keluarganya untuk dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada Kader Kesehatan masing-masing Padukuhan.

Lurah Tepus juga memberikan pesan kepada masyarakat untuk memperhatikan kesehatan balitanya dengan mengikuti anjuran kesehatan dari pemerintah.

Mempublikasikan informasi tersebut melalui media dan informasi Padukuhan melalui Dukuh di 20 Padukuhan.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, ayo cegah diare pada bayi. Ayo galakkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233