Tepus II Kerja Bakti Rutin Kali Ini Garap Balai Padukuhan

Rismel 24 Agustus 2023 09:04:58 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Praktek gotong royong juga diyakini sebagai tradisi kehidupan bermasyarakat yang merupakan salah satu bentuk pengakaran nilai-nilai Pancasila di tanah air Indonesia, seperti yang tertera dalam Pancasila pada sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”.

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Kalurahan Tepus adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat yang terbagi sesuai tingkat Padukuhan secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Seperti halnya kegiatan kerja bakti rutin bulanan yang dilakukan oleh warga Padukuhan Tepus II pagi ini Kamis, 24 Agustus 2023 di lingkup Padukuhannya.

"Kali ini warga dari empat RT kerja bakti membereskan gudang Balai Padukuhan yang kebetulan mengalami rusak pada atapnya yang rencana kedepannya akan direnovasi, sekarang dibongkar dulu", penjelasan Dukuh (Mustofa Ashari).

Manfaat yang dirasakan oleh warga Tepus II yaitu menjaga kebersihan lingkungan, meringankan pekerjaan yang dilakukan, menumbuhkan sikap kekeluargaan, mengajarkan sikap bekerja sama dan membangun kepedulian.

Rutinitas kerja bakti ini ada berbagai jenis kegiatan yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi di Padukuhan. Seperti kerja bakti pemakaman umum, kerja bakti lingkungan, dan kerja bakti membersihkan fasilitas umum yang dilakukan secara bergantian.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233