Siap Jadi Tim PMT Lokal Tahun 2023 Bagi Kesehatan Bumil Dan Balita

Rismel 24 Agustus 2023 09:55:57 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pelatihan Tim PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berbasis pangan lokal untuk ibu hamil KEK (Kekurangan Energi Kronik) dan balita bermasalah gizi. Diselenggarakan oleh Puskesmas Tepus II di Aula Puskesmas Tepus II. Yang dihadiri dari tiga unsur Kalurahan unit kerja, Kamis 24 Agustus 2023.

Hadir Kamituwa Kalurahan Tepus dan 7 Kader Kesehatan perwakilan sektor wilayah. Kader Pelaksana perwakilan sektor wilayah tersebut terdiri dari Kader Padukuhan Tegalweru, Blekonang III, Tepus II, Singkil, Ngasem, Pacungan, dan Pudak.

Kegiatan pelatihan ini dalam rangka Koordinasi sekaligus kesiapan Tim Pelaksana untuk menyatukan dan meyelaraskan pemahaman seluruh unsur pemangku kepentingan dalam Pelaksanaan PMT Lokal Sumber Dana BOK Tahun Anggaran 2023. Sekaligus agar dapat mengaplikasikan petunjuk teknis pelaksanaan program tersebut.

PMT merupakan salah satu upaya intervensi untuk menaikan status Gizi Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (KEK) dengan Lingkar Lengan Atas ≤ 23cm dan Balita Gizi Kurang dengan Indikator BB/U (Berat Badan menurut Umur) yang ditentukan oleh ahli gizi.

Hal-hal yang menjadi pembahasan diantaranya :

  1. Target sasaran yaitu ibu hamil KEK dan Balita Gizi Kurang diberikan PMT Lokal selama 90 hari berturut dengan kuota tertentu 
  2. Jenis bahan makanan untuk diolah menjadi PMT Lokal bukan merupakan makanan instan, lebih mengarah ke olahan lokal
  3. Strategi pemberian dan strategi distribusi PMT Lokal kepada sasaran

Peluangnya dalam pelaksanaan PMT Lokal Tahun 2023 di Kalurahan Tepus nanti dapat berjalan lancar, dapat mengentaskan dan menurunkan kasus ibu hamil KEK dan Balita Gizi Kurang serta menurunkan angka stunting yang merupakan program nasional.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233