Pengurus Segera Dibentuk, Mari Ketahui Apa Itu Desa Preneur

Rismel 28 Agustus 2023 21:39:11 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Definisi Desa Preneur adalah desa atau Kalurahan yang memiliki kemampuan untuk menggeliatkan dinamika wirausaha ekonomi berbasis potensi maupun kearifan lokal, melalui unit usaha untuk dapat dikelola menjadi berkualitas global dengan penguatan kapasitas komunitas masyarakat secara berkelanjutan.

Desa Preneur dikembangkan di Kalurahan Tepus dengan maksud untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa melalui pengembangan dinamika entrepreneurship dan membantu pengentasan kemiskinan serta mengurangi pengangguran, melalui pengembangan kapasitas masyarakat secara berkelanjutan. Desa Prener juga dapat digunakan sebagai role model pemberdayaan masyarakat yang terdampak bencana agar pulih dan bangkit melalui pendekatan pemberdayaan ekonomi.

Desa Preneur dibentuk dan dikembangkan dengan tujuan :

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalurahan melalui pengembangan potensi usaha ekonomi secara berkelanjutan

2. Peningkatan semangat kewirausahaan dan kualitas sumberdaya manusia para pelaku UMKM

3. Menekan kerentanan sosial ekonomi dalam rangka mengurangi angka kemiskinan dan menekan pengangguran melalui pemberdayaan ekonomi produktif secara berkelanjutan

Desa Preneur dikembangkan dengan semangat kearifan lokal, kegotongroyongan, partisipatif, efektif-efisien, kreatif-inovatif, kemitraan usaha, dan berpijak pada prinsip akuntabilitas serta berkelanjutan.

Kepengurusan atau pengelola Desa Preneur di Kalurahan Tepus akan segera dibentuk untuk menjalankan perannya di tahun 2023 ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233