Gelar Budaya Promosi Desa Wisata Tepus menyambut Hari Pariwisata Sedunia

Mas F 29 Agustus 2023 12:12:34 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dalam rangka mengangkat potensi pariwisata daerah, Pemerintahan Kalurahan Tepus menggelar rapat koordinasi yang melibatkan perwakilan kelompok seni setempat pada Selasa (29/08/2023). Rapat tersebut dilaksanakan sebagai bagian persiapan menyambut Hari Pariwisata Sedunia yang akan diadakan pada 27 September 2023 oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul di Kalurahan Tepus.

Sebanyak 13 perwakilan kelompok seni dari seluruh Kalurahan Tepus hadir dalam rapat koordinasi ini. Mereka berasal dari beragam latar belakang seni, termasuk seni jathilan, seni kethoprak, seni karawitan, seni reog, tari, musik hadroh, dan musik campursari. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas rencana dan jadwal kegiatan dalam mempersiapkan acara "Gelar Budaya Promosi Desa Wisata Tepus."

Dalam sambutannya, Bapak Hendro Pratopo, S.IP (Lurah Tepus), mengungkapkan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan sektor pariwisata. "Melalui gelar budaya ini, kami ingin menunjukkan kekayaan budaya dan keindahan alam yang dimiliki Kalurahan Tepus kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Kolaborasi dengan kelompok seni merupakan langkah penting dalam menghadirkan pengalaman unik bagi para pengunjung," ujar Hendro Pratopo, S.IP.

Salah satu poin penting dalam rapat koordinasi adalah menentukan program dan jadwal pagelaran yang akan diselenggarakan selama Gelar Budaya Promosi Desa Wisata Tepus. Program tersebut diharapkan dapat merefleksikan kekayaan budaya lokal serta menarik minat pengunjung. Beberapa ide yang diusulkan termasuk pementasan seni tradisional, lokakarya kerajinan, pertunjukan musik tradisional, dan pameran produk UMKM.

Adapun pagelaran pentas seni budaya dalam rangka "Promosi Desa Wisata" ini rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 18-26 September 2023 dengan jadwal sebagai berikut:

18 September 2023 - Pembukaan, Pentas Kethoprak dan Karawitan

19 September 2023 - Seni Jathilan Kridho Budoyo (Pad. Jeruk)

20 September 2023 - Seni Jathilan Samudro Budoyo (Pad. Tepus II)

21 September 2023 - Seni Jathilan Setya Budaya (Pad. Pudak)

22 September 2023 - Seni Hadroh, Sanggar Tari Ellya dan Seni Campursari

23 September 2023 - Seni Jathilan Kudho Praneso (Tepus I)

24 September 2023 - Seni Jathilan Kudho Prakoso (Pad. Klumpit)

25 September 2023 - Seni Jathilan Kudho Manunggal (Pad. Tegalweru)

26 September 2023 - Seni Reog dan Seni Jathilan Singo Barong (Tepus III)

Rapat koordinasi ini juga sekaligus menjadi momentum dalam mempersiapkan diri menyambut Hari Pariwisata Sedunia. Dengan acara ini, Kalurahan Tepus berharap dapat mengundang perhatian global dan menunjukkan bahwa desa ini memiliki daya tarik yang unik dan tak terlupakan.

Gelar Budaya Promosi Desa Wisata Tepus tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal melalui sektor pariwisata. Diharapkan acara ini dapat berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi Kalurahan Tepus serta masyarakatnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233