Pelatihan Kader Tentang Penerapan Hidup Sehat Masyarakat Kali Ini Di Dongsari

Rismel 29 Agustus 2023 12:25:05 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kader Kesehatan atau Kader Posyandu memiliki peran penting dalam pembangunan kesehatan masyarakat, karena upaya kesehatan tidak mungkin hanya dilakukan oleh petugas kesehatan saja. Dalam menjalankan tugasnya kerjasama yang baik dengan petugas kesehatan setempat merupakan sinergitas yang bertujuan mencapai sasaran program kerja posyandu. Hal ini menjadi penting mengingat tidak semua komunitas kader posyandu memiliki pendidikan dan pengetahuan dibidang kesehatan. 

Sinergi dalam bentuk pendampingan petugas Puskesmas Tepus II dengan Kader Kesehatan Kalurahan Tepus diwujudkan dengan bentuk pendampingan dalam program penyuluhan dan pelayanan kesehatan, seperti pelayanan gizi, pelayanan imunisasi, pelayanan KIA (Kesehatan ibu dan anak) dan penanggulangan penyakit menular. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data utama diperoleh dari wawancara, sumber data sekunder didapat melalui dokumentasi.

Selain sebagai pendamping, kehadiran Petugas kesehatan Puskesmas juga menumbuhkan rasa percaya diri Kader Kesehatan dalam upaya pelaksanaan program-programnya. Diskusi dan transfer knowledge sangat dibutuhkan Kader Kesehatan untuk menambah pengetahuan dan wawasan di bidang kesehatan masyarakat.

Pelatihan oleh Tenaga Kesehatan kali ini dilakukan di Padukuhan Dongsari dengan Sasaran adalah seluruh Kader di Padukuhan Dongsari dan Pacungan. Untuk menambah ketrampilan dan refresh Kader dalam menjalankan program-program Posyandu.

Pada Selasa, 26 Agustus 2023 dengan narasumber petugas kesehatan Puskesmas Tepus II (Bu Izatunnissa dan Bu Yeli). Materi yang disampaikan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Kemudahan akses pelayanan kesehatan terhadap kader juga diprioritaskan sebagai penghargaan terhadap upaya Kader membantu program kerja Puskesmas.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233