BRIN Mengunjungi UMKM Di Dewi Kampus, Interaksi Langsung Terjadi

Rismel 29 Agustus 2023 20:02:53 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Berawal dari kunjungan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor Kalurahan Tepus berkaitan kerjasama antara BRIN dengan Pemerintah Kalurahan Tepus serta Pengelola Desa Wisata Tepus tentang sebuah penelitian, tamu yang berjumlah 8 Peneliti tersebut melanjutkan perjalanan menuju beberapa titik UMKM di Kalurahan Tepus untuk melakukan penelitian secara langsung atau kunjungan lapangan. Setelah dilakukan banyak diskusi dan penyampaian informasi mengenai Desa Wisata Tepus dalam sesi koordinasi di dalam ruangan, selanjutnya Tim Peneliti menuju obyek penelitian agar bertemu langsung dengan pelaku UMKM dan pekerjanya.

Dengan didampingi pengelola Desa Wisata, Selasa 28 Agustus 2023 sore hari lokasi awal menuju ke UMKM Kerajinan Perak Surya Silver di Padukuhan Blekonang. Bertemu langsung dengan pelaku UMKM Bapak Heri dan pekerja untuk melakukan wawancara.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju UMKM Batik Klangenan di Padukuhan Gembuk, berwawancara dengan Ibu Sulistyowati.

Selanjutnya menuju UMKM Olahan Singkong / Nanda Pathilo dengan berinteraksi dan melihat proses produksi bersama Ibu Suwaryanti sebagai pelaku UMKM.

Adapun materi yang menjadi pembahasan sebagai fokus penelitian diantaranya asal muasal berdirinya UMKM, permodalan, omset jangka waktu bulanan, jumlah pekerja yang diberdayakan, dampak adanya desa wisata, kendala yang dialami, marketing, serta bentuk kerjasama dengan Desa Wisata.

Penelitian bertujuan untuk mengukur dampak inovasi Desa Wisata terhadap peningkatan Pendapatan Asli Desa sehingga hasilnya nanti diharapkan dapat membantu memberikan panduan bagi kebijakan pembangunan yang lebih tepat sasaran.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233