Kegiatan Perpus Bintang Pustaka, Pelibatan Masyarakat Bersama UGM

Rismel 30 Agustus 2023 12:57:53 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Program Transformasi Perpustakaan Bintang Pustaka Kalurahan Tepus Yang Berbasis Inklusi Sosial, merupakan program kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Perpustakaan Kalurahan Tepus.

Yaitu dilakukan kegiatan pelibatan masyarakat dengan cara peningkatan kapasitas atau pelatihan bagi pelaku UMKM di Kalurahan Tepus tentang Batik Tulis.

Perpustakaan Kalurahan menghadirkan 20 peserta dari pelaku UMKM Padukuhan Gembuk (Padukuhan yang sudah ada sentra batik) dan Padukuhan Singkil yang antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul (Agung Wibawa, S.IP) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagaimana perpustakaan di Kalurahan mampu berperan serta dalam rangka kesejahteraan masyarakat dengan cara memanfaatkan peluang baca dan internet dapat dikembangkan dan dipraktekkan melalui kegiatan peningkatan kapasitas bagi pelaku UMKM untuk menciptakan sumber daya manusia yang mampu berkarya menghasilkan produk batik unggul di Kalurahan Tepus, dalam sambutannya.

Dari Universitas Gadjah Mada (Safira Khoir, Dosen Pelaksana Program) memberikan motivasi dan harapan bagi peserta pelatihan program S2 MIP Universitas Gadjah Mada. Merupakan kesempatan yang luar biasa karena tidak semua daerah dapat terakses program ini.

 

Selanjutnya pemaparan materi teori dilanjutkan praktek dengan narasumber dari Kampung Batik Manding, Kepek, Wonosari (Guntur Susilo dan Dwi Lestari).

Tujuan pokok dari pelatihan ini antaranya bagaimana peserta dapat memahami konsep dasar batik tulis sehingga mampu membuat dan menciptakan batik tulis ciri khas Kalurahan Tepus.

Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 30 Agustus 2023 yang diakhiri dengan praktek membatik menggunankan bahan yang disediakan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233