Menilik Pemahaman (Kembali) Pengertian Bantuan Keuangan Khusus kepada Kalurahan di Gunungkidul

mz 31 Agustus 2023 08:52:41 WIB

Pembangunan cor rabat beton jalan lingkungan, salah satu kegiatan yang didanai dari BKK

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sesuai dengan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 2 Tahun 2022, Bantuan Keuangan Khusus kepada Kalurahan yang selanjutnya disebut Bantuan Keuangan Khusus (BKK) adalah bantuan yang diberikan kepada Kalurahan berupa uang yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang peruntukannya dan pengelolaannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah dapat memberikan Bantuan Keuangan Khusus kepada Kalurahan dengan tujuan tertentu sesuai prioritas pembangunan daerah di Kalurahan. Bantuan Keuangan Khusus kepada Kalurahan mendasar pada usulan Pemerintah Kalurahan dan/atau usulan Perangkat Daerah.

Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Kalurahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) diberikan untuk : pemberdayaan masyarakat, pemerataan dan percepatan pembangunan Kalurahan, dan mendukung pelaksanaan tugas pemerintah daerah di Kalurahan.

Jenis kegiatan sebagai pelaksanaan Bantuan Keuangan Khusus sesuai dengan kewenangan Kalurahan meliputi : rehabilitasi jalan kalurahan, jembatan kalurahan, bedah rumah, irigasi tersier, talud jalan kalurahan, drainase, gorong-gorong jalan kalurahan, sarana dan prasarana air bersih kalurahan, jalan lingkungan, pasar kalurahan, balai padukuhan, lapangan olahraga, taman umum dan ruang terbuka hijau, sanitasi lingkungan, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kecil, Jalan Usaha Tani (JUT), dan sarana prasarana gedung satuan PAUD Sejenis dan Kelompok Bermain.
Dalam teknis pelaksanaannya alokasi dana BKK biasanya melalui aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui wakil rakyat atau anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul. Karena itulah dana BKK sering disebut dengan dana aspirasi dewan.

Dokumen Lampiran : Perbub Gunungkidul Nomor 2 Tahun 2022


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233