Bandus Berjalan Lestari Di Padukuhan Dongsari

Rismel 31 Agustus 2023 20:51:38 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Bandus (Bantuan Dusun) atau biasa warga menyebutnya dengan istilah Bandusan. Bandusan berarti melaksanakan pertemuan untuk melakukan transaksi kebendaharaan tingkat Padukuhan rutin setiap bulan sekali. Keuangan yang berawal dari bantuan kemudian dikelola untuk dikembangkan berpuluh-puluh tahun sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan.

"Bandus itu dulunya stimulan program daerah berupa pemberian dana bagi setiap Padukuhan, dan bertujuan untuk mendorong partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan ditingkat Kalurahan yang berbasis Padukuhan. Bandus ini telah ada sejak tahun 90'an di Padukuhan Dongsari. Padukuhan Dongsari termasuk satu-satunya yang berhasil mengembangkan kegiatan sampai sekarang. Anggotanya terdiri dari KK yang ada di Padukuhan Dongsari, tetapi yang aktif pertemuan dan melakukan kegiatan simpan pinjam dan arisan tidak semuanya", penjelasan lengkap Pungkasito (Ketua RT 01).

Dalam kegiatan Bandusan ini ada beberapa transaksi kebendaharaan yang terjadi diantaranya simpanan sebagai dana kas, pinjaman untuk membantu kebutuhan pemanfaatnya, dan kegiatan arisan.

Sekarang Bandus dikelola oleh pengurus salah satunya Sri Sukiati yang fokus mengurusi pembukuan uang keluar masuk.

Dukuh (Suyatno) juga menyampaikan bahwa Bandus yang sukses dikelola warganya ini telah banyak memberikan sumbangsih untuk kebutuhan Padukuhan antara lain kegiatan operasional bulanan Balai Padukuhan, pengadaan jenset, pernah juga dibagi per RT, juga untuk kebutuhan tak terduga lainnya biasanya dibantu dari kas Bandus.

Kegiatan Bandusan rutin dilakukan pada malam hari setiap tanggal 01 di Balai Padukuhan Dongsari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233