Unjuk Kegiatan Gapoktan Menjelang Musim Hujan Di Demplot Pertanian

Rismel 01 September 2023 10:44:52 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Setelah memiliki lahan demplot, Gapoktan Tepus eksis mengusahakan pertanian dilahan yang disediakan.

Demplot atau demonstration plot adalah aktivitas penyuluhan pertanian di Kalurahan Tepus dengan cara memperkenalkan dan memperagakan teknik-teknik pertanian. Lebih mudahnya demplot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. Lahan yang dimaksud berada di Padukuhan Pacungan tepatnya berdekatan dengan Balai Padukuhan yang disediakan oleh Pemerintah Kalurahan Tepus.

Setelah tanam dan sukses panen bawang merah dua minggu yang lalu, kini Gapoktan Tepus mulai garap lahannya dengan tanaman lain.

Seperti halnya pagi ini Jumat, 01 September 2023 Gapoktan Tepus dan Kelompok Tani Padukuhan Pacungan tanam kacang tanah. Dengan memanfaatkan dana ketahanan pangan dari Kalurahan, Gapoktan Tepus optimis berhasil dengan tanaman ini sampai masa panen nanti.

"Meskipun belum sampai musim penghujan, tetapi kami berdemonstrasi untuk menanam kacang tanah, dari segi irigasi tersedia dan anggota kelompok siap menyiram. Juga perawatan lebih mudah, hanya perlu menyirami secara berkala, memberi pupuk, dan menghilangkan rumput liarnya saja", ucap pengurus Gapoktan (Martiningsih).

Demplot ini dilaksanakan untuk memberikan contoh secara nyata tentang proses budidaya pertanian, dari pembibitan hingga panen. Sehingga petani atau masyarakat dapat membuktikan dan mengikuti budidaya bercocok tanam. Supaya kedepannya, petani atau masyarakat dapat mempraktekan prosesnya dengan baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233