Kalurahan Tepus Ikuti Workshop Rintisan Kalurahan Budaya

Mas F 04 September 2023 18:54:46 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Gunungkidul menggelar Workshop Rintisan Kalurahan Budaya, pada Senin, (04/09/2023). Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sebagai bahan persiapan pelaksanaan Gelar Potensi Kalurahan Rintisan Budaya. Kegiatan ini diikuti oleh 40 Kalurahan Rintisan Budaya se-Kabupaten Gunungkidul, termasuk di antaranya Kalurahan Tepus yang diwakili oleh Fahrudin (Ulu-Ulu) dan Purwoko (Pengurus Pengelola Rintisan Kalurahan Budaya).

Workshop ini menjadi wadah bagi peserta untuk mendalami dan memperkaya pengetahuan mereka tentang beragam aspek kebudayaan. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Faizal Noor Singgih, yang membahas tentang upacara adat, tradisi, dan kawruh busana khas Yogyakarta. Pengetahuan ini diharapkan dapat membantu Kalurahan Rintisan Budaya dalam mempertahankan dan menghidupkan kembali adat dan tradisi leluhur.

Narasumber kedua, Bapak Tazbir Abdullah, berbagi pengetahuan tentang kerajinan, kuliner, dan potensi pariwisata yang dapat menjadi daya tarik bagi Kalurahan Rintisan Budaya. Dengan demikian, Kalurahan tidak hanya bisa melestarikan warisan budaya mereka, tetapi juga mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui sektor pariwisata dan kerajinan.

Selanjutnya, Bapak Saryana menyampaikan materi tentang Tata Kelola Administrasi Kalurahan Rintisan Budaya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap Kalurahan Rintisan Budaya mampu menyusun administrasi, salah satunya sebagai wujud konservasi dengan menerbitkan produk hukum kalurahan.

Chairul Agus Mantara, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa workshop ini adalah langkah awal dalam rangkaian kegiatan yang lebih besar, yaitu "Gelar Potensi Kalurahan Rintisan Budaya." Gelar potensi ini akan memberikan kesempatan kepada setiap Kalurahan Rintisan Budaya untuk memamerkan keunikan dan kekayaan budaya mereka kepada masyarakat luas.

Diharapkan, melalui workshop dan acara "Gelar Potensi Kalurahan Rintisan Budaya," upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal di Kabupaten Gunungkidul akan semakin berkembang dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas masyarakat setempat. Budaya adalah harta berharga yang perlu dilestarikan dan dibagikan kepada generasi mendatang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233