Workshop Rintisan Kalurahan Budaya Hari Ke-2: Membangkitkan Warisan Budaya Gunungkidul

Mas F 06 September 2023 22:04:22 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Gunungkidul kembali menggelar Workshop Rintisan Kalurahan Budaya, pada Rabu (06/09/2023) bertempat di Pendopo Taman Budaya Gunungkidul, Wonosari. Workshop ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan pada hari Senin, (04/09/2023). Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan warisan budaya yang kaya dan beragam di wilayah Gunungkidul sekaligus sebagai persiapan Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya. Hari kedua workshop ini berjalan lancar dan dihadiri oleh berbagai pemateri ahli di bidangnya.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang berbagai aspek budaya yang ada di Gunungkidul. Para pemateri yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing memberikan wawasan kepada peserta. Peserta merupakan perwakilan Rintisan Kalurahan Budaya se-Gunungkidul yang berjumlah 40 kalurahan. Kalurahan Tepus sendiri diwakili oleh Purwoko, sekretaris Pengelola Rintisan Budaya Kalurahan dan Fahrudin, Ulu-Ulu Kalurahan Tepus.

Ibu Daruni (Dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta), sebagai salah satu pemateri pada kegiatan ini, membawakan materi tentang kesenian dan permainan tradisional. Dengan penuh semangat, Ibu Daruni membagikan pengetahuannya tentang berbagai kesenian dan permainan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Ini menjadi momen yang tepat bagi peserta untuk memahami lebih dalam tentang pentingnya melestarikan budaya lokal.

Selain itu, Bapak Dhanu Priyo Wibowo juga turut berkontribusi dalam workshop ini dengan menyampaikan materi mengenai Bahasa, Sastra, dan Aksara. Bahasa dan sastra adalah salah satu pilar penting dalam memahami identitas budaya suatu daerah. Dengan pemaparan yang jelas dan mendalam, Bapak Dhanu Priyo Wibowo mengajarkan kepada peserta pentingnya melestarikan bahasa dan sastra daerah sebagai bagian dari warisan budaya.

Ibu Andi Riana, pemateri lainnya, menyampaikan materi tentang Penataan Ruang, Warisan Budaya, dan Cagar Budaya. Pengetahuan tentang cara melestarikan warisan budaya melalui pengaturan ruang dan perlindungan cagar budaya sangat penting untuk menjaga identitas budaya Gunungkidul yang unik.

Kegiatan Workshop Rintisan Kalurahan Budaya ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi Pemerintah Kalurahan dan masyarakat Gunungkidul secara umum untuk lebih menghargai dan melestarikan warisan budaya mereka. Melalui pemateri-pemateri berkompeten, peserta diharapkan dapat membawa pulang pengetahuan mengaplikasikannya dalam upaya melestarikan dan mempromosikan budaya lokal.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, melalui Dinas Kebudayaan, berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan upaya pelestarian budaya. Pada momen ini pula, Dinas Kebudayaan melalui Ibu Tria menyampaikan informasi bahwa Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya Tahun 2023 dilaksanakan pada rentang tanggal 14 – 23 September 2023 dan berlokasi di wilayah Kalurahan masing-masing.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233