Tradisi Memule Sebelum Hajatan

Si J 09 September 2023 13:43:01 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Tradisi merupakan suatu kekayaan bangsa yang senantiasa harus dilestarikan. Hal ini sudah barang tentu harus ada dukungan dari berbagai pihak, baik dari kalangan pemerintah, pelaku budaya dan sejarah, maupun masyarakat luas. Hal itu disebabkan, kebudayaan merupakan aset bangsa yang sangat bernilai tinggi. Tradisi ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. Secara religius atau kepercayaan masyarakat Jawa khususnya, mempunyai anggapan bahwa ketika tradisi warisan nenek moyang tidak dilestarikan, maka akan mengalami kualat serta kehidupannya menjadi tidak berkah. 

Maka dari itu masyarakat Jawa pada umumnya dan masyarakat Kalurahan Tepus khususnya masih melestarikan tradisi Memule sebelum hajatan di mulai. 

Memule adalah Tradisi sebelum hajatan dimulai, Masyarakat Tepus merupakan masyarakat yang masih kental dengan adat budayanya. 

Memule mempunyai arti :Pertama, sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat yang diterima. 

Dan kedua, sebagai sarana memohon atau berdoa untuk mengharapkan keberkahan hidup dari Tuhan yang Maha Esa agar semua kegiatan berjalan lancar sampai selesai. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233