Pelaksanaan Cek Kesehatan Melalui Posbindu Kalurahan

Rismel 11 September 2023 11:16:33 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) tingkat Kalurahan merupakan peran serta Pemerintah Kalurahan dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik di Kalurahan Tepus.

Tujuan Posbindu adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM. Posbindu ini berada di tingkat Kalurahan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kalurahan Tepus bekerjasama dengan Puskesmas Tepus II.

Melalui Posbindu, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor resiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas dengan dilakukan Screening Kesehatan atau cek Kesehatan.

Pelaksanaan Posbindu Kalurahan di bulan September ini diadakan pada Senin, 11 September 2023 bertempat di Balai Kalurahan Tepus.

Posbindu ini diikuti oleh Lurah beserta Pamong, Dukuh, Lembaga Kalurahan, dan masyarakat umum.

Kegiatan pelayanan Posbindu antara lain :

1. Pelayanan registrasi dan administrasi, yaitu kegiatan mencatat data individu pasien sesuai buku monitoring faktor resiko PTM yang ada. 

2. Wawancara faktor risiko PTM

Hal-hal yang perlu diwawancara berkaitan dengan faktor resiko PTM antara lain riwayat merokok, kebiasaan minum minuman manis, kopi dan beralkohol, kegiatan aktifitas fisik/olahraga, kebiasaan makan sayur dan buah, riwayat tekanan darah tinggi, riwayat penyakit dahulu dan keluarga yang berkaitan dengan penyakit tidak menular.

3. Pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, IMT, lingkar perut.

4. Pemeriksaan, yaitu kegiatan memeriksa tekanan darah, kadar glukosa darah, kadar kolesterol.

5. Konseling dan edukasi, kegiatan konseling dan penyuluhan harus dilakukan setiap pelaksanaan Posbindu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233