Seni Kethoprak Langen Wiromo Sebagai Pembuka Event Gelar Budaya Tepus

Rismel 19 September 2023 00:23:43 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Setelah resmi dibuka oleh Panewu Tepus, malam Pembukaan Gelar Budaya Kalurahan Tepus menampilkan Seni Kethoprak Langen Wiromo, Senin 18 September 2023 di panggung hiburan Cingkrang Hills.

Merupakan kesenian dengan pemain gabungan seniman di Kalurahan Tepus. 

Karena dinilai menjadi tontonan yang mengundang minat tinggi masyarakat, Kethoprak dipilih menjadi hiburan pembuka dengan lakon "Haryo Saloka Tanding".

Ketoprak ini melibatkan unsur drama, tari, suara, musik, sastra, serta sisipan tema tentang promo desa wisata Tepus.

Disaksikan oleh masyarakat baik usia anak-anak, remaja dan orang tua yang memenuhi area halaman, seni Kethoprak terkesan seru dan gumnyak (ramai) saat memasuki sesi Dagelan. Dagelan menjadi daya tarik pementasan dengan menampilkan aksi lelucon baik itu kritik sosial, nglucu yang santun, memberi kesan pesan, menyampaikan maksud dan tujuan acara. Semua terkemas disesi ini dalam bentuk lelucon. Ibaratnya suatu masakan, Dagelan mampu menjadi bumbu tersendiri yang semakin menambah enaknya masakan (diperankan oleh Kang Solo dan Kang Untoro).

Selain dapat disaksikan secara langsung, rangkaian Kethoprak Langen Wiromo juga dapat diakses melalui channel YouTube akun resmi Desa Wisata Tepus secara live streaming.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233