Malam Ketiga Gelar Budaya Kalurahan Tepus Bersama Samudro Budhoyo Tepus II

Rismel 20 September 2023 23:24:20 WIB

Memasuki malam ketiga dari sepuluh malam gelar budaya di Kalurahan Tepus menampilkan kesenian Jathilan dari Padukuhan Tepus II, Tepus, Tepus, Gunungkidul, DIY.

Rabu, 20 September 2023 sebuah kelompok kesenian Jathilan yaitu Samudro Budhoyo yang diketuai oleh Tugimin menampilkan babak putri dan babak putra di panggung hiburan RTH Cingkrang Hills.

Babak pertama diisi oleh penari putri berjumlah delapan selanjutnya penari putra yang juga berjumlah delapan, ada pula aksi barongan, dengan diiringi musik karawitan (Pengrawit Wargo Laras KW) serta penyanyi Jathilan (Mudi PW dan Lintang Asmoro).

Dimana kesenian Jathilan sendiri merupakan gambaran kisah prajurit Mataram yang tengah mengadakan latihan perang (gladen). Gerakan Jathilan yaitu berupa tarian tradisional oleh sejumlah penari menggunakan atribut jaranan dengan iringan musik gamelan.

Penanggungjawab kesenian Jathilan Samudro Budhoyo (Mustofa Ashari, Dukuh) menegaskan, "Sesuai tujuan dari Pemerintah Kalurahan Tepus dalam hal ini Desa Wisata Tepus yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul, maksud dan tujuan diadakannya gelar budaya ini adalah untuk menampilkan seni dari potensi yang ada sehingga mengundang (ketertarikan) banyak pengunjung dengan titik puncaknya yaitu mempromosikan desa wisata Tepus sekaligus peringatan hari pariwisata dunia melalui momen ini. Semoga pagelaran seni dari Tepus II dapat menyumbangkan daya tarik bagi masyarakat luas, dan manfaat kedepannya meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata Tepus."

Desa wisata Kalurahan madani Tepus (DEWI KAMPUS), desa wisata yang kaya akan kebudayaan (wisata budaya), kerajinan dan kuliner (wisata edukasi), dan pantai selatan (wisata pantai).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233