Pemerintah Kalurahan Tepus Menghadiri Gelar Macapat Tingkat Kabupaten Gunungkidul

Si J 21 September 2023 15:10:29 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Rabu, 20 September 2023 di Pendopo Kapanewon Rongkop di selenggarakan “Gelar Macapat Tingkat Kabupaten Gunungkidul” Putaran 6, yang di ikuti oleh 3 Kapanewon yaitu Rongkop, Girisubo dan Tepus serta dihadiri juga oleh Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas dan Sekdin Dinas Kebudayaan /Kundha Kabudayan Kabupaten Gunungkidul. 

Dari Kapanewon Tepus hadir perwakilan Kalurahan Tepus yakni Lurah Tepus, Sandiyo dan tugiran selaku pelestari budaya Kelurahan Tepus. 

Macapat sendiri merupakan seni sastra, berupa puisi tradisional Jawa yang dibacakan dengan cara ditembangkan. selain itu Macapat juga merupakan warisan budaya yang telah lama ada dan berkembang di wilayah Jawa, yang mempunyai nilai-nilai luhur dan layak untuk dipertahankan serta diupayakan kelestariannya. 

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap karya sastra terutama Macapat bagi kalangan masyarakat Era digital ini. Di samping itu, acara ini diselenggarakan sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan Macapat di Kabupaten Gunungkidul. 

Diharapkan, melalui kegiatan ini upaya pelestarian bahasa dan sastra Jawa dapat berlangsung dengan baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233