Malam Keempat Gelar Budaya Bersama Jathilan Pudak, Ada Juga Bule Polandia

Rismel 21 September 2023 21:29:48 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kesenian Jathilan Setya Budaya dari Padukuhan Pudak Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Gunungkidul menjadi pengisi acara yang diadakan dalam rangka promosi desa wisata Tepus dan peringatan hari pariwisata dunia di RTH Cingkrang Hills Kalurahan Tepus, Kamis 21 September 2023.

Didampingi Dukuh (Hendro Setyawan), kelompok kesenian yang diketuai oleh Pramujiyono menampilkan tarian tradisional jaranan putra putri. Kemudian pada puncak tariannya, para penari melakukan aksi setruman. 

Setruman sendiri adalah aksi kesurupan yang sengaja dibuat oleh Pawang (pengendali aksi kesurupan) kepada para penari. Salah satu pawang Jathilan Setya Budaya yaitu Patmo Kasdi. Seorang Pawang tidak dapat dilakukan oleh setiap orang, melainkan beliau Patmo dan temannya memiliki ilmu khusus komunikasi dengan ruh tak kasat mata.

Sebagai wirasuara yaitu Mudi PW dan Veni Puspita yang bertugas bernyanyi lagu-lagu jawa pengiring kesenian Jathilan tersebut.

Hebatnya, dalam pementasan malam ini didatangi pula oleh turis asing. Yaitu dua orang bule asal Polandia yang sengaja datang untuk menyaksikan kebudayaan di desa wisata Tepus. Dua bule ini (Mrs. Babara dan Mrs. Honit) juga sempat berinteraksi dengan penonton dan pemain kesenian melalui pembukaan sebelum pementasan yang dipandu oleh pengelola desa wisata Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233