Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya, Kalurahan Tepus Tahun 2023

Rismel 22 September 2023 19:02:45 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - "Gelar potensi yang dilaksanakan di Kalurahan Tepus ini dalam rangka monitoring eksistensi Rintisan Kalurahan Budaya. Sehingga nantinya bisa menjadi salah satu indikator untuk merekomendasikan status Kalurahan dari Rintisan menjadi Kalurahan Budaya", jelas Lurah Tepus (Hendro Pratopo, S.IP). 

Gelar potensi menampilkan seni, budaya, adat tradisi, potensi Kalurahan, dan UMKM.

Jumat, 22 September 2023 di Halaman Kantor Kalurahan Tepus kedatangan Dewan Pengamat dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul disambut Lurah, Pamong Kalurahan, Pengelola Rintisan Kalurahan Budaya, Lembaga Kalurahan, dan pengisi acara.

Pengisi acara pada gelar potensi di Kalurahan Tepus yaitu Kesenian Karawitan, Reog Klasik Mataram, Tari Golek Ayun-Ayun, Kesenian Kethoprak, Ringgit Purwo, Kesenian Jaranan, Reog Singo Barong, Tosan Aji, Gejog Lesung, Dolanan Anak, Stand UMKM, dan Stand Desa Wisata.

Gelar potensi diselenggarakan di Kalurahan dimaksudkan untuk memaksimalkan penampilan gelar potensi budaya, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap potensi lokal yang dimilikinya, memberikan ruang ekspresi bagi pelaku seni dan budaya, juga diharapkan berimbas pada peningkatkan ekonomi masyarakat. 

Selain dari unsur Kalurahan, acara ini juga didukung dari KKN AMPTA yang turut menghadiri acara, masyarakat umum, dan juga media massa untuk melakukan pendokumentasian rangkaian acara.

Susunan acara diantaranya pembukaan, sambutan seni dan budaya, sambutan Lurah Tepus, sambutan Dewan Pengamat, dan kunjungan stand UMKM dan Desa Wisata, kenduri, dan berakhir dengan penampilan kesenian.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233