Mengenal Permainan Ketapel Yang Merupakan Olahraga Tradisional

Rismel 23 September 2023 18:41:50 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Ketapel merupakan sebuah mainan sederhana yang identik berbentuk huruf Y yang bagian atas (kanan dan kirinya) disatukan dengan karet dan ditengahnya diikat sebuah kulit sebagai tempat peluru yang akan dilontarkan.

Ketapel ini biasa dimainkan oleh anak-anak kecil jaman dulu untuk berburu binatang seperti burung.Cara memainkannya sangat mudah. Setelah ketapel dibuat. Ambil peluru, lalu taruh pada kulit (tempat peluru yang akan dilontarkan). Lalu tarik dengan kuat, arahkan pada sasaran dan lepaskan peluru tersebut agar mengenai sasaran.

Permainan ketapel tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Harus ada wadah yang memang khusus seperti taman atau di tempat terbuka, dan alat pendukung yang digunakan.

Ketapel adalah permainan zaman dulu namun hingga kini masih digemari banyak kalangan. Bahkan, ketapel kini dijadikan komunitas ajang olahraga yang sangat menarik untuk dicoba.

Seperti halnya di Kalurahan Tepus, melalui program yang berlangsung diharapkan nantinya menjadi Kampung Ketapel yang digemari masyarakat sekitar. Serta dapat meningkat fungsinya sebagai sajian wisata olahraga tradisional di desa wisata Tepus.

Dimana selain bermain handal sesuai strateginya, Kalurahan Tepus agar dapat menciptakan sumber daya manusia sebagai produsen ketapel (memproduksi ketapel).

Olahraga ketapel mengasah ketajaman mata, juga kesabaran dan konsentrasi, agar bidikan tepat sasaran yang diincar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233