Sapta Pesona Ala Desa Wisata Tepus (DEWI KAMPUS)

Rismel 23 September 2023 22:23:59 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke desa wisata Tepus. Kita harus menciptakan suasana indah mempesona dimana saja dan kapan saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan. Dengan kondisi dan suasanan yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan yang indah dalam hidupnya. Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur, apa sajakah :

1. Aman

Suatu kondisi dimana wisatawan dapat merasakan dan mengalami suasana yang aman, bebas dari ancaman dan gangguan, bebas dari tindak kekerasan dan kejahatan, merasa terlindungi dari serangan penyakit menular, terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh fasilitas yang kurang baik, bebas dari gangguan masyarakat baik perilaku maupun perkataan. Jadi aman berarti terjamin keselamatan jiwa dan fisik, termasuk milik (barang) wisatawan.

2. Tertib

Suatu kondisi yang mencerminkan suasana tertib dan teratur serta disiplin dalam semua segi pelayanan wisatawan baik dalam hal lalu lintas kendaraan, penggunaan fasilitas maupun dalam berbagai perilaku masyarakat lainnya, seperti misalnya tidak berdesakan saat diobyek wisata, bangun yang tertera teratur dan rapi, serta informasi yang falid dan benar agar tidak membingungkan.

3. Bersih

Suatu kondisi  yang memperlihatkan sifat bersih dan higienis  baik  keadaan lingkungan, sarana wisata, alat perlengkapan  pelayanan maupun SDM yang memberikan pelayanan tersebut. Wisatawan akan merasa  betah dan nyaman bila berada ditempat  tempat yang bersih dan sehat baik di tempat makan, toilet, sajian makanan dan minuman, dan setiap obyek wisata.

4. Sejuk

Suatu kondisi dimana terciptanya suasana yang segar, sejuk serta nyaman yang dikarenakan adanya penghijauan secara teratur dan indah baik dalam bentuk taman maupun penghijauan disetiap lingkungan tempat wisata.

5. Indah

Suatu kondisi yang mencerminkan penataan yang unik, apik, enak dipandang, dan serasi baik mengenai prasarana, sarana, penggunaan tata warna yang serasi, selaras dengan lingkungannya.

6. Ramah Tamah

Suatu kondisi sikap dan perilaku masyarakat yang ramah dan sopan dalam berkomunikasi, memberikan pelayanan serta ringan tangan untuk membantu tanpa pamrih. Ramah tamah merupakan watak dan budaya bangsa Indonesia pada umumnya , selalu menghormati tamu yang berkunjung ke desa wisata Tepus dan dapat menjadi tuan rumah yang baik. Sikap ramah tamah ini merupakan sala satu daya tarik bagi para wisatawan, oleh karena  itu harus kita pelihara.

7. Kenangan

Suatu kondisi kesan yang menyenangkan dan akan selalu diingat . Kenangan dapat berupa yang indah dan menyenangkan akan tetapi dapat pula yang tidak menyenangkan. Kenangan yang ingin diwujudkan dalam ingatan dan perasaan wisatawan dari pengalaman berwisata di desa wisata Tepus adalah yang menyenangkan. Kenangan yang indah ini dapat dihasilkan dengan cara antara lain :

a. Akomodasi yang nyaman, bersih dan pelayanan yang cepat tepat dan ramah.

b. Atraksi-atraksi budaya khas yang mempesona.

c. Jenis makanan khas yang lezat dengan penampilan dan penyajian yang menarik dan higienis.

d. Cindera mata yang merupakan ciri khas dengan tampilan yang indah dan harga yang murah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233