Pelaksanaan Kompetisi Ketapel Kategori Multi Target Kalurahan Tepus

Rismel 24 September 2023 12:44:57 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pelaksanaan kompetisi atau perlombaan ketapel dilaksanakan di Kalurahan Tepus yang merupakan program kerjasama Pemerintah Kalurahan Tepus (dijalankan oleh Karang Taruna Kalurahan) dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Ruang Terbuka Hijau Cingkrang Hills, Minggu 24 September 2023.

Seluruh peserta lomba hadir di lokasi dengan melakukan registrasi dan pemberian souvenir oleh panitia dan Mahasiswa UAD.

Peserta lomba berasal dari lokal tingkat Kalurahan Tepus sejumlah 30 peserta dan peserta open berasal dari tingkat Jateng-DIY sejumlah 17 peserta. Hadir pula Lurah Tepus, Carik Tepus, Ketua Karang Taruna Kalurahan, dan Lembaga Bamuskal.

Panitia Pelaksana Lomba melaksanakan rangkaian acara berupa :

1. Pembukaan oleh Lurah Tepus sekaligus memberikan sambutan, "Marilah kita sambut perlombaan Mlintheng (bermain ketapel) ini dengan penuh antusias. Terimakasih atas kerjasama dari semua pihak, baik dari Mahasiswa UAD, peserta lomba dari Komunitas Ketapel Jateng-DIY, peserta lomba dari lokal, panitia lomba, dewan juri dan seluruh peserta yang hadir. Lokasi yang strategis di jalur pariwisata ini mengakibatkan akan diketahui wisatawan yang lewat sehingga secara tidak langsung telah mempromosikan bahwa olahraga ketapel ada di Kalurahan Tepus."

2. Pembacaan aturan main dan tata tertib permainan ketapel oleh panitia lomba.

Dijelaskan, setiap peserta diwajibkan membidik 5 sasaran dengan peluru dari bola besi atau ammo khusus. Sasaran berjarak 10 meter dari peserta. Bagi peserta yang bisa menembak tepat kelima sasaran bakal memperoleh poin sempurna 15. Waktu permainan selama 90 menit dengan dua ronde bidikan.

3. Pelaksanaan lomba ketapel dibagi menjadi dua sesi :

a. Kelas lokal (pemula)

Diikuti oleh 30 peserta dengan disediakan empat titik sasaran bidikan. Didampingi oleh wasit setiap peserta lomba melakukan bidikan kemudian dinilai oleh dewan juri untuk memperebutkan kejuaraan (1, 2, dan 3).

b. Kelas open (Komunikasi Ketapel Jateng-DIY)

Diikuti oleh 17 peserta dengan disediakan empat titik sasaran bidikan. Didampingi oleh wasit setiap peserta lomba  melakukan bidikan kemudian dinilai oleh dewan juri untuk memperebutkan kejuaraan (1, 2, dan 3).

4. Pengumuman kejuaraan dan penyerahan hadiah.

Pada momen ini dewan juri mengumumkan hasil kejuaraan baik kelas lokal maupun kelas open. Kepada pemenang masing-masing diberikan piala, piagam penghargaan, topi, frame (kerangka ketapel / cawang), dan uang pembinaan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233